Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

9 Makanan Ini Bisa Jaga Paru-paru agar Tetap Sehat

9 Makanan Ini Bisa Jaga Paru-paru agar Tetap Sehat
Ilustrasi paru-paru.
Ilustrasi paru-paru.

Jakarta, NU Online
Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting terhadap kesehatan secara tubuh secara menyeluruh. Paru-paru akan menghirup udara masuk ke dalam tubuh, sehingga membantu organ tubuh lain bekerja maksimal.

 

Meski begitu, tak semua udara bisa kita nikmati begitu saja. Kualitas udara yang buruk harus dihindari agar fungsi paru-paru tetap maksimal.

 

Tak perlu khawatir, Anda bisa menjaga kesehatan paru- paru melalui asupan makanan yang sehat. Konsumsi makanan tertentu dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru serta mengurangi peradangan.

 

Berikut ini 9 makanan yang dapat menjaga paru-paru agar tetap sehat, dirangkum dari healthline.

 

1. Teh hijau
Teh hijau merupakan salah satu makanan mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

 

Sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa orang yang rutin minum minimal dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tak meminum teh hijau.

 

2. Tomat
Tomat adalah salah satu sumber makanan terkaya likopen, antioksidan karotenoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

 

3. Apel
Kandungan flavonoid dan berbagai vitamin lainnya dalam apel dapat membantu mempertahankan sistem pernapasan agar tetap sehat.

 

Apel menjadi salah satu makanan andalan yang disarankan oleh ahli gizi untuk membantu mengatasi masalah paru-paru.

 

4. Labu
Daging labu yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Kandungannya sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat.

 

Orang yang sering merokok dapat secara signifikan mendapat manfaat dari mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid seperti labu.

 

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah, lentil, kedelai, dan kacang polong merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

 

Hemoglobin ini sangat penting untuk mengoptimalkan kemampuan transportasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

 

Hemoglobin juga berfungsi untuk merangsang proses internal yang mengembalikan karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.

 

6. Bit
Buah berwarna ungu gelap ini mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Bit dan buah atau sayuran kaya nitrat lainnya bermanfaat untuk paru-paru. Nitrat diketahui membantu mengoptimalkan pengambilan oksigen.

 

7. Kunyit
Makanan yang satu ini sangat tak asing di telinga. Kunyit yang biasa dijadikan bumbu masakan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk paru-paru.

 

Kunyit membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit bisa menjadi pembersih paru-paru secara alami.

 

8. Kubis merah 
Kubis merah adalah sumber anthocyanin yang terjangkau dan kaya. Pigmen pada tumbuhan ini memberi warna cerah pada kubis merah. Asupan antosianin telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru.

 

Sebuah Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi serat dalam jumlah rendah.

 

9. Ikan teri
Ikan teri adalah ikan kecil yang dikemas dengan lemak omega-3 anti-inflamasi, serta nutrisi peningkat kesehatan paru-paru lainnya seperti selenium, kalsium, dan zat besi.

 

Makan ikan kaya omega-3 seperti ikan teri mungkin sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan penyakit radang paru-paru dan peningkatan fungsi paru-paru.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×