Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Setop Main Smartphone Sebelum Tidur, Ini Risikonya

Setop Main Smartphone Sebelum Tidur, Ini Risikonya
Setop Main Smartphone Sebelum Tidur, Ini Risikonya
Setop Main Smartphone Sebelum Tidur, Ini Risikonya

Jakarta, NU Online

Smartphone adalah salah satu perangkat yang sangat lekat dalam beraktivitas sehari-hari. Meski dapat menunjang segala urusan, penggunaan smartphone dalam keseharian juga perlu diperhatikan.


Menggunakan smartphone selama berjam-jam, bahkan hingga akan tidur akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.


Tidak sedikit orang yang dapat menghabiskan waktu berjam-jam saat mengecek smartphone ketika akan tidur. Padahal, kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur diketahui dapat meningkatkan kerusakan retina.


Cahaya biru yang terdapat di dalam smartphone dipancarkan sebagai bagian dari spektrum cahaya. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak negatif, sebab paparan cahaya tingkat tinggi yang dihasilkan oleh smartphone saat keadaan gelap dapat langsung merusak penglihatan yang berdampak pada gangguan mata yang parah.


Paparan langsung terhadap cahaya biru yang dihasilkan smartphone dapat menyebabkan degenerasi makula. Suatu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat pada manusia. Selain itu, paparan cahaya biru tersebut juga berkaitan dengan penyakit katarak.


Dampak negatif lain penggunaan smartphone sebelum tidur

Selain merusak retina mata, menggunakan smartphone sebelum tidur juga berdampak pada gangguan kesehatan lainnya, salah satunya mengganggu pola tidur


Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar smartphone dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur tubuh seseorang. Hal itu nantinya membuatmu memerlukan lebih banyak jam tidur di karena masih merasa kelelahan.


Dampak serius juga dapat terjadi karena kebiasaan main perangkat seluler tersebut di malam hari adalah penyakit jantung, kenaikan berat badan, depresi, hingga kanker.


Menggunakan smartphone saat menjelang tidur dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Hal itu karena menurunnya melatonin. Melatonin merupakan antioksidan kuat yang sangat penting yang berfungsi menjaga kemampuan tubuh melawan kanker secara alami. Ketika produksi melatonin menurun, risiko untuk terkena kanker menjadi lebih besar.


Cara tingkatkan kualitas tidur

Selain menghindari penggunaan gadget sebelum tidur, Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari seperti tidur dan bangun di jam yang sama, menghindari tidur siang terlalu lama, dan menghindari stimulan sebelum tidur.


Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Usahakan, berhenti melakukan segala aktivitas fisik sedikitnya 3 jam sebelum tidur.
 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×