Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Solusi Ampuh Melawan Kantuk di Pagi Hari

Solusi Ampuh Melawan Kantuk di Pagi Hari
Ilustrasi: Meregangkan tubuh atau olahraga ringan di pagi hari menjadi salah satu solusi untuk melawan kantuk di pagi hari.
Ilustrasi: Meregangkan tubuh atau olahraga ringan di pagi hari menjadi salah satu solusi untuk melawan kantuk di pagi hari.

Jakarta, NU Online

Lazimnya, pagi hari adalah waktu ketika tubuh terasa segar setelah beristirahat pada malam sebelumnya. Namun tidak jarang orang justru merasa lemas saat bangun pagi. Tubuh rasanya ingin kembali ke tempat tidur, mata pun sulit dibuka. 


Meskipun mengantuk di pagi hari masih tergolong wajar, namun ada kemungkinan rasa kantuk itu dipicu oleh hal lain yang berkaitan dengan kesehatan.


Melansir healt line, langkah yang umumnya disarankan agar tubuh terasa segar ketika bangun di pagi hari antara lain:

  1. Makan makanan dengan karbohidrat kompleks saat sarapan
  2. Mencuci muka dengan air biasa setelah bangun
  3. Meregangkan tubuh atau olahraga ringan di pagi hari
  4. Mengatur waktu tidur di siang dan malam hari
  5. Pastikan ada ruang bagi cahaya matahari untuk masuk ke kamar saat pagi.
 

Langkah lain untuk mencegah kantuk di pagi hari juga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Jauhi paparan layar gadget atau televisi setidaknya satu jam sebelum tidur
  2. Pastikan suasana tidur yang nyaman, misalnya dengan cahaya temaram, tanpa suara berisik, dan aroma terapi
  3. Rapikan kamar sebelum tidur
  4. Berolahraga rutin setiap hari
  5. Tidak meminum minuman yang mengandung kafein (kopi) beberapa jam sebelum tidur
  6. Hindari begadang, pastikan tidur 7-8 jam tiap hari
  7. Jika memakai alarm, jangan tunda untuk bangun saat alarm sudah bunyi agar siklus tidur tak terganggu
  8. Minum cukup air putih agar tak dehidrasi
  9. Buang air kecil sebelum tidur agar tidak terbangun saat malam karena dorongan berkemih
  10. Jika sulit tertidur, jangan paksakan diri. Bangun dan lakukan aktivitas seperti membaca buku atau peregangan tubuh, baru coba tidur lagi.


Lawan kantuk kamu dan mulai untuk membiasakan bangun pagi sekarang. 


Manfaat bangun pagi

Para peneliti dari Universitas Toronto, Kanada, melakukan survei pada 700 orang berusia 17-79 tahun. Survei tersebut mengumpulkan data seputar rutinitas tidur, status emosi, kesehatan, dan waktu favorit.


Dari survei yang dilakukan, orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan bahagia dan level kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering begadang. 


Salah satu penyebab di balik temuan itu kemungkinan adalah jam biologis orang yang bangun pagi lebih sejalan dengan ekspektasi sosial, contohnya jam kerja yang umumnya selalu dimulai pagi hari.


Manfaat bangun tidur lebih pagi lainnya menurut studi dalam Journal of Psychiatric Research  Journal of Psychiatrik Research berkaitan dengan kejadian depresi. 


Disebutkan, orang-orang yang bangun pada pukul 06.00 pagi atau lebih pagi punya 25 persen kemungkinan yang lebih kecil mengalami depresi, dibandingkan mereka yang senang tidur larut malam.


Depresi adalah kondisi status emosional yang perlu dihindari setiap orang. Hal itu bisa dihindari dengan tidak begadang dan bangun di pagi hari.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×