Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Tips Aman Berpuasa: Minum Air Putih 8-10 Gelas per Hari

Tips Aman Berpuasa: Minum Air Putih 8-10 Gelas per Hari
Ilustrasi: Kebutuhan cairan tubuh selama puasa dapat dipenuhi dengan minum air putih 8-10 gelas saat berbuka hingga sebelum imsak.
Ilustrasi: Kebutuhan cairan tubuh selama puasa dapat dipenuhi dengan minum air putih 8-10 gelas saat berbuka hingga sebelum imsak.

Jakarta, NU Online

Anggota Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dr Syifa Mustika memberikan tips agar aman berpuasa. Ia menekankan, agar ketika sahur dan berbuka puasa memperbanyak minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari. 


"Puasa itu risikonya dehidrasi (atau) kekurangan cairan. Yang paling penting itu kuncinya asupan air. Karena kita puasa, apalagi puasanya yang durasinya panjang, kita nanti nyusul atau mengejar kekurangan cairan itu mulai saat buka, minimal delapan gelas atau sepuluh gelas lebih baik," ujar dr Syifa dalam galawicara kesehatan di  TVNU Tips Aman Bepuasa, Bebas Gangguan Perut​​​​​​ ​Tips Aman Berpuasa, Bebas Gangguan Perut dikutip NU Online Selasa (12/4/2022).


Jika berpuasa di daerah-daerah yang memiliki kelembaban sangat tinggi seperti Arab Saudi, maka harus lebih memperbanyak minum air putih agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi pada siang hari.  


"Jadi, kuncinya itu air. Kita harus memastikan asupan cairan kita, air putih itu, cukup. Jadi dari mulai kita buka sampai sahur itu delapan gelas minimal atau kalau bisa sepuluh gelas lebih baik lagi," ungkap dr Syifa. 


Memenuhi kebutuhan cairan setiap hari adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Tubuh yang kekurangan cairan umumnya ditandai dengan rasa sering haus dan urine yang dikeluarkan berwarna lebih gelap dari biasanya. Selain itu, dehidrasi akan membuat kepala terasa pusing, sakit kepala, lemas, serta mulut dan bibir terasa kering.


Dilansir dari artikel Jangan Remehkan Manfaat Air Putih pada laman Alodokter, terdapat beberapat tips yang dapat dilakukan agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.  


1. Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan
2. Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas setiap saat, sehingga Anda lebih mudah untuk menjaga asupan air putih harian
3. Bisa menambahkan irisan buah ke dalam air putih agar terasa lebih segar.


Air putih memang menyehatkan, tetapi tidak semua air putih dapat dikonsumsi. Ada beberapa ketentuan air minum yang aman dan layak konsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI yakni tidak memiliki rasa, tidak berbau dan berwarna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.


Selain itu, pastikan air minum yang dikonsumsi sudah terdaftar di BPOM dan telah memenuhi standar kesehatan guna mencegah berbagai penyakit akibat konsumsi air minum yang terkontaminasi.


Apabila mengalami pusing, mual, muntah, dan sakit perut setelah mengonsumsi air putih, segera konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan. Dokter juga dapat memberi tahu cara agar manfaat minum air putih dapat diperoleh secara maksimal.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×