Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kemnaker Tegaskan Pengambilan Sumpah PNS Bukan Sekadar Seremonial

Kemnaker Tegaskan Pengambilan Sumpah PNS Bukan Sekadar Seremonial
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat mengambil sumpah dan janji 51 orang PNS Kemnaker di Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/3/2022). (Foto: Humas Kemnaker)
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat mengambil sumpah dan janji 51 orang PNS Kemnaker di Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/3/2022). (Foto: Humas Kemnaker)

Bandung, NU Online

Pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) bukanlah sekedar seremonial tanpa makna. Dengan adanya pengambilan sumpah maka secara sah dan resmi para CPNS sudah diangkat menjadi PNS.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan hal itu saat mengambil sumpah dan janji 51 orang PNS Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (4/3/2022).

 

"Hak-hak Saudara sudah penuh. Demikian juga kewajiban semakin berat untuk mengembang tugas sebagai PNS," kata Anwar Sanusi kepada para PNS yang tersebar di BBPLK Bandung, BBPPK dan PKK Lembang, BLK Lembang, dan Balai K3 Bandung.

 

Anwar Sanusi mengungkapkan, saat ini Indonesia berada pada momentum waktu untuk maju agar bisa menjadi negara yang besar. Pada tahun 2045, Indonesia akan berkembang menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi ke empat terbesar di dunia setelah Cina, India dan Amerika Serikat. 

 

"Untuk itu, Saudara harus mempunyai peran dan kontribusi yang sangat signifikan agar bisa mewujudkan gambaran bahwa kita akan menjadi negara yang besar," ucapnya.

 

Dijelaskan Anwar Sanusi, salah satu pilar utama agar bisa menjadi negara besar yaitu melalui birokrasi yang memegang peranan utama sebagai pengambil keputusan yang tidak akan diberikan kepada siapapun kecuali pemerintah. "Karena pemerintah adalah pemegang utama mandat dari negara," ujar Anwar Sanusi.

 

Kementerian Ketenagakerjaan, lanjut Anwar Sanusi, mendapat mandat yang luar biasa untuk mencetak SDM yang tangguh, unggul serta memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi. 

 

Ia menambahkan, masa depan tidak akan dapat diperoleh tanpa adanya usaha. Keberuntungan itu hanya ada bagi orang yang mau berusaha. "Semakin saudara berusaha, akan mempunyai kesempatan besar dibandingkan yang tidak berusaha," ungkapnya.

 

Anwar Sanusi juga berpesan agar para PNS tidak pernah putus asa untuk menuntut ilmu, dengan cara mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. "Jadilah aparatur negara yang profesional dan melayani, karena itu kunci meraih kesuksesan," pungkas Anwar.

 

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Ketenagakerjaan Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×