Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

10 Keutamaan Silaturahim saat Lebaran

10 Keutamaan Silaturahim saat Lebaran
10 Keutamaan Silaturahim saat Lebaran.
10 Keutamaan Silaturahim saat Lebaran.

Jakarta, NU Online 
Momen lebaran atau Idul Fitri menjadi tradisi bagi Muslim khususnya di Indonesia untuk bersilaturahim ke rumah saudara, tetangga, teman, kerabat, dan lain sebagainya. Hal ini menciptakan suasana persatuan tersendiri. Dasar anjuran silaturahim sendiri di antaranya adalah hadits berikut:


من كان يؤمِنُ باللهِ واليَومِ الآخِرِ فلْيُكْرِمْ ضَيفَه، ومَن كان يؤمِنُ بِاللهِ واليَومِ الآخِرِ فلْيَصِلْ رَحِمَه، ومن كان يؤمِنُ باللهِ واليَومِ الآخِرِ فلْيَقُلْ خَيرًا أو لِيَصمُتْ 


Artinya, “Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, ‘Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam,’” (HR Bukhari dan Muslim). 


Hadits di atas menegaskan bahwa Islam sangat menganjurkan pemeluknya untuk melakukan silaturahim. Bahkan secara jelas hal ini dikaitkan dengan keimanan seseorang, ini menunjukkan silaturahim harus menjadi tradisi yang melekat bagi diri setiap Muslim. 

 

Melansir dari NU Online dalam artikel berjudul Ini 10 Keutamaan Silaturahim berikut adalah 10 keutamaan orang yang menjaga silaturahim sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Sulaiman al-Bujairami dalam kitabnya Hasyiyatul Bujairimialal Khatib (III/272). 


1. Silaturahim bisa mendatangkan ridha Allah swt. 


2. Membuat kerabat yang dikunjungi merasa bahagia. 


3. Membuat bahagia malaikat karena malaikat menyukai orang yang menjaga silaturahim. 


4. Menciptakan kesan baik atau positif dari orang yang beriman terhadap mereka yang melakukan silaturahim. 


5. Membuat hati dan pikiran iblis resah karena mereka menginginkan perpecahan umat Muslim. 


6. Memberi keberkahan umur. 


7. Rezeki bertambah berkah. 


8. Membuat bahagia orang tua, kakek, dan nenek yang sudah wafat, karena mereka senang mengetahui keturunannya menjaga silaturahim. 


9. Menambah kewibawaan atau kehormatan bagi orang yang menjaga silaturahim. 


10. Menambahkan pahala setelah orang yang menjaga silaturahim wafat karena para kerabat menyebut kebaikannya saat masih hidupnya. 


Demikianlah 10 keutamaan menjaga silaturahim. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi momen perjumpaan sanak saudara kian rekat dan memperkuat persatuan umat. 


Kontributor: Muhamad Abror
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×