Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Siap Gelar Kejurnas, Ketum Pagar Nusa Sowan Sesepuh 

Siap Gelar Kejurnas, Ketum Pagar Nusa Sowan Sesepuh 
Ketum Pagar Nusa M Nabil Haroen (kanan) saat silaturahim kepada sesepuh Pagar Nusa KH Fuad Anwar Amin di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/1/2022). (Foto: istimewa)
Ketum Pagar Nusa M Nabil Haroen (kanan) saat silaturahim kepada sesepuh Pagar Nusa KH Fuad Anwar Amin di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/1/2022). (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen sowan sesepuh Pagar Nusa KH Fuad Anwar Amin, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/1/2022). 


Dalam silaturahim ini, Gus Nabil, sapaan akrabnya, melaporkan rencana Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pagar Nusa yang bakal digelar Maret mendatang. Ia juga sekaligus memohon kehadiran Kiai Fuad pada Halaqah Nasional yang juga diagendakan beriringan dengan Kejurnas. 

 

"Alhamdulillah kami hari ini bisa bersilaturahim ke sini, kami menyampaikan agenda Kejurnas Pagar Nusa pada Maret 2022 ini, sekaligus mengundang beliau Kiai Fuad pada acara Halaqah Nasional," katanya 


Tentunya, ia meminta dawuh (nasihat) dan arahan Kiai Fuad mengingat Kejurnas I Pagar Nusa diselenggarakan pada masa kepemimpinannya. "Jadi kalau urusan Kejurnas, memang beliau pionirnya," kata Gus Nabil.

 

Gus Nabil juga memohon restu bahwa beriringan dengan Kejurnas IV, PP PSNU Pagar Nusa akan menyelenggarakan Halaqah Dewan Khos dan Majelis Pendekar. Di Pagar Nusa, urusan silat, salat, dan salawat, semuanya bersanad. 


"Jadi sangat penting bagi kami untuk selalu menjaga ketersambungan itu semua. Bisa dibilang, Pagar Nusa ini juga 'thariqah', selain menjadi salah satu pintu masuk untuk menjadi NU," ujarnya.

 

Gus Nabil memiliki ikatan emosional yang erat dengan Kiai Fuad. Sebab, keduanya tidak hanya berasal dari organisasi yang sama, yakni Pagar Nusa saja, melainkan juga berlatar almamater pesantren yang sama, yakni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

 

"Banyak dawuh yang kami dapatkan tadi malam. Membahas sanad-sanad Pagar Nusa dan para tokoh-tokoh pendahulu. Benar-benar malam yang istimewa. Apalagi kalau sudah membahas tentang Lirboyo, suasana langsung 'petjaaaaah'. Saya ini benar-benar junior dua kali dengan Kiai Fuad. Junior di Pagar Nusa, juga junior di Lirboyo," katanya.

 

Saat sowan kepada Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa 2007-2012 itu, Gus Nabil didamping segenap kader Pagar Nusa Didik Suyuthi dan Yudhi Triawan.


Sebelumnya, Gus Nabil juga sempat menyambangi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) III PP Pagar Nusa di Jl Karah Agung V Surabaya. Di pusat pengkadaran pendekar silat ini, Gus Nabil menyemangati para pesilat yang kebetulan tengah berlatih. 


"Kami tadi memantau langsung pusat pengkaderan pendekar di Pusdiklat III PP Pagar Nusa, luarbiasa sekali ternyata mereka sedang berlatih, semangat sekali," kata Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×