Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

4 Cara Tanamkan Nasionalisme Anak di Hari Kemerdekaan

4 Cara Tanamkan Nasionalisme Anak di Hari Kemerdekaan
Cara Tanamkan Nasionalisme Anak di Hari Kemerdekaan
Cara Tanamkan Nasionalisme Anak di Hari Kemerdekaan

Jakarta, NU Online
Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen sakral yang tercatat dalam sejarah. Momen itu juga dijadikan ajang untuk menanamkan nasionalisme pada anak yang kelak menjadi penerus cita-cita bangsa.


Berikut empat cara sederhana menanamkan rasa nasionalisme pada anak di Hari Kemerdekaan:


1. Menceritakan sejarah Indonesia

Anda bisa mulai dengan menceritakan kisah perjuangan para pahlawan di zaman penjajahan. Cerita itu bisa dikemas dengan menarik agar mudah dipahami anak dan tidak terkesan membosankan.


Ceritakan juga benda-benda peninggalan sejarah yang ada di museum; replika dan diorama tentang bagaimana peristiwa perang yang pernah terjadi di Indonesia akan menumbuhkan rasa cinta dan bangga anak pada negara Indonesia.


Sehingga anak yakin bahwa pahlawan kita memperjuangkan negara Indonesia dengan segenap jiwa dan raga mereka.


2. Mengenalkan budaya dari berbagai daerah di Indonesia

Setelah menceritakan sejarah, anak-anak juga harus dikenalkan ragam budaya di Indonesia. Seperti gambar rumah adat, pakaian adat, tarian, serta alat musik khas dari suatu daerah.


Pengenalan bisa dilakukan lewat buku cerita bergambar yang menampilkan keragaman budaya di Indonesia atau dengan memanfaatkan media internet dengan memperlihatkan foto dan video tarian juga musik tradisional.


3. Menggunakan produk karya dalam negeri

Libatkan anak untuk menggunakan produk dalam negeri karya anak bangsa. Contohnya, dengan mengenakan batik, kebaya, sarung, ulos, dan lainnya.


Orang tua juga bisa mengajak anak datang ke pusat batik dan memperlihatkan bagaimana membuat batik dengan canting dan tinta malam.


4. Mendidik anak untuk menghargai perbedaan

Hal yang paling penting dalam menanamkan rasa nasionalisme kepada anak adalah mendidiknya untuk menghargai perbedaan.  


Sikap ini harus ditanamkan pada anak dimulai dari keluarga. Ajak anak bermain dengan teman sebaya yang berbeda suku, agama dan latar belakang bisa membuatnya sadar bahwa di tengah perbedaan, setiap manusia adalah sama.


Buat mereka paham bahwa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.


Semoga  4 cara ini dapat berguna untuk menanamkan sikap nasionalisme anak agar lebih mencintai Indonesia, negaranya.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×