Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

5 Rekomendasi Kegiatan Saat Mudik ke Kampung Halaman

5 Rekomendasi Kegiatan Saat Mudik ke Kampung Halaman
Ilustrasi mudik Lebaran.
Ilustrasi mudik Lebaran.

Jakarta, NU Online
Momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022 ini masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan mudik. Tentu saja momen ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang telah dua tahun lamanya menahan diri untuk tidak mudik sebagai bentuk pencegahan penularan virus Covid-19 di Indonesia.


Mudik sendiri merupakan salah satu tradisi yang menjadi agenda tahunan masyarakat Indonesia menyambut Lebaran. Meskipun begitu, pemerintah tetap memberlakukan syarat perjalanan untuk masyarakat yang hendak mudik dengan syarat telah melakukan vaksinasi booster.


Selain menjadi tradisi, mudik juga jadi momentum bagi setiap orang yang berada di perantauan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga. Tak jarang, beberapa orang mengagendakan pulang bersama agar suasana Lebaran di kampung halaman semakin hangat dan semarak.


Tentu saja momen ini tak boleh dilewatkan begitu saja, berikut kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga saat mudik di kampung halaman.


1. Silaturahmi dan reuni
Hari raya selalu identik dengan silaturahmi dan reuni bersama kawan/kerabat yang sudah lama tak ditemui. Nah, Anda bisa mengagendakan pertemuan ini dengan teman-teman sekolah dulu. Cara ini sekaligus berperan untuk membuat hari raya Idul Fitri yang lebih bermakna. Reuni dan nostalgia kenangan masa kecil akan membuat suasana lebaran  kali ini jadi lebih indah.


2. Quality Time bersama keluarga
Selagi ada di kampung halaman, luangkanlah waktu Anda untuk menikmati waktu bersama keluarga. Cara ini bisa meningkatkan bonding antar orang tua dan anak misalnya membuat kue Lebaran bersama keluarga.


Selain sebagai tradisi kegiatan membuat kue Lebaran ini sebenarnya juga membangun momen kebersamaan antaranggota keluarga. Misalnya, mengajak anak turut serta membantu membuat kue Lebaran dapat membantu tumbuh kembang anak.


Dilansir dari laman Parenting.co.id kebersamaan ini bisa membantu stimulasi seluruh indra pada anak, motorik halus, latihan kordinasi mata dan tangan, konsep Matematika, mengikuti arahan, belajar bentu dan kosa kata, sains pemula, membicarakan menu sehat, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperkuat ikatan anak.


Bonusnya, membuat kue Lebaran sendiri bisa menghemat pengeluaran dan dapat membagikan kepada keluarga, saudara, dan tetangga atau menambah penghasilan selama cuti Lebaran.


3. Kegiatan sosial bersama tetangga
Mumpung masih cuti Lebaran sesekali mengadakan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi sekitar. Tak perlu berlebihan, cukup ikut serta masyarakat kerja bakti membersihkan lingkungan, mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke masyarakat kurang mampu, dan lain sebagainya.


Berkumpul dan mengobrol dengan tetangga ternyata tak kalah menyenangkan dari jalan-jalan. Kamu bisa mendengarkan dan berbagi mengenai banyak hal dengan mereka.


4. Wisata religi
Setelah hari raya Idul Fitri jika masih tersisa waktu libur yang cukup panjang, Anda dapat memanfaatkan dengan melakukan wisata religi. Mengunjungi objek-objek wisata religi yang banyak ditemukan di daerah akan menjadi favorit Anda.


Seperti makam para ulama, pahlawan, dan masjid-masjid kuno yang memiliki sejarah dalam peradaban masuknya Islam ke Indonesia. Di sana Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang dapat disinggahi sepanjang perjalanan.


5. Berkebun
Berkebun adalah aktivitas luar yang cukup menyenangkan dan patut dicoba saat pulang kampung. Cobalah memilih jenis tanaman yang awet dan minta orang rumah untuk bantu merawatnya lalu lihat kembali kondisi saat mudik tahun depan.


Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×