Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Agar Tepat Sasaran, Titipkan Bantuan Korban Gempa Cianjur di Posko Relawan

Agar Tepat Sasaran, Titipkan Bantuan Korban Gempa Cianjur di Posko Relawan
Suasana aktivitas relawan di Pos Respons Gempa 5,6 SR Cianjur atau Posko Gusdurian Peduli di Kelurahan Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Humas Jaringan Gusdurian Peduli)
Suasana aktivitas relawan di Pos Respons Gempa 5,6 SR Cianjur atau Posko Gusdurian Peduli di Kelurahan Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Humas Jaringan Gusdurian Peduli)

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Gusdurian Peduli A'ak Abdullah Al-Kudus menyarankan agar bantuan untuk korban gempa Cianjur sebaiknya dititipkan di posko-posko relawan yang ada di lokasi bencana. Hal ini perlu dilakukan agar bantuan bisa tepat sasaran. 


Ia menjelaskan, sebelum menyalurkan bantuan, terlebih dulu para relawan Gusdurian Peduli diterjunkan untuk melakukan asesmen. Sebab pada awal-awal pasca-bencana hingga satu bulan ke depan, akan sangat banyak bantuan yang datang dan seringkali justru menumpuk di satu tempat, bahkan tidak tepat sasaran.


"Karena memang banyak orang yang penting dia datang bawa bantuan, pokoknya bertemu orang yang kira-kira penyintas (korban bencana), ya sudah dikasihkan semua (bantuannya), foto-foto, selesai," ungkap Gus A'ak, dihubungi NU Online, Senin (28/11/2022) malam.


Kemudian ada banyak pihak yang abai terhadap situasi dan kondisi di pusat kabupaten, yakni di Kecamatan Cianjur. Menurut Gus A'ak, di daerah yang disebut sebagai tengah kota itu kerap tidak dianggap terdampak. Padahal ada banyak rumah runtuh tetapi tak tersentuh bantuan. 


"Padahal itu di belakang toko-toko itu banyak rumah runtuh, dia (penyumbang) lolos saja ke arah atas, ke Cugenang, karena media kan lebih banyak menyorot Cugenang, sehingga ini banyak yang terlewat juga," tambahnya.


Begitu pula nasib korban bencana yang berada di daerah pelosok dan pegunungan sehingga sulit diakses. Lokasi-lokasi bencana seperti ini seringkali tidak tersentuh oleh bantuan. Penyebab utamanya, tentu saja macet karena terlalu banyak orang yang datang.


Ditambah pula proses evakuasi korban yang masih terus berlanjut sehingga banyak pihak yang merasa daripada berlama-lama di jalan terkena macet, lebih baik langsung dikasihkan saja bantuannya kepada setiap warga yang dilihatnya di pinggir jalan.


"Jadi kalau memang si penyumbang ini tidak punya tenaga relawan yang bisa melakukan asesmen, sebaiknya dititipkan saja kepada lembaga-lembaga kemanusiaan yang memang berposko di situ dan punya relawan," ungkap Gus A'ak.


Kalaupun harus memenuhi kebutuhan dokumentasi sebagai bagian dari laporan pertanggungjawaban kepada donatur, maka bisa disiasati dengan berfoto dengan relawan di posko yang dititipkan bantuan untuk para korban bencana.


"Kalau memang nggak mau, carilah tempat-tempat pengungsian yang terdekat. tapi biasanya di situ sudah menumpuk juga," pungkasnya.


Sebagai informasi, Gusdurian Peduli telah membuka posko atau Pos Respons Gempa Cianjur di Jalan H Ir Juanda Nomor 22 RT 002 RW 01, Kelurahan Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Posisi pos ini berada di sebelah minimarket.


Posko Gusdurian Peduli itu dibuka sejak Rabu (23/11/2022) atau dua hari setelah gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Cianjur. Posko ini menerima dan menyalurkan bantuan berupa barang-barang kebutuhan warga yang terdampak gempa di Cianjur.


Untuk melakukan koordinasi bisa menghubungi relawan Gusdurian Peduli Oktaria Indra Jaya (081289791787) atau Muhammad Musthofa (087716912101).


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×