Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Asrama Haji Pondok Gede Siap Layani Jamaah

Asrama Haji Pondok Gede Siap Layani Jamaah
Pengecekan kesiapan layanan jamaah di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (16/5/2022). (Foto: Humas Kemenag)
Pengecekan kesiapan layanan jamaah di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (16/5/2022). (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, NU Online

Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur siap memberikan layanan bagi jamaah haji 1443 H/2022 M.


Kepastian kesiapan ini disampaikan oleh Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab usai melakukan pengecekan kamar dan fasilitas asrama haji Pondok Gede, Senin (16/5/2022).


Pengecekan juga dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Sagala. Turut mendampingi, Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede, Munib Maksum.


"Kami sudah melakukan pengecekan kesiapan asrama dalam menerima jamaah haji tahun 1443H/2022M. Alhamdulillah semua sudah siap," tegas Mujab di Jakarta.


Menurut Mujab, pengecekan sengaja dilakukan untuk memastikan kesiapan layanan di asrama haji. Apalagi,  jemaah haji dijadwalkan sudah mulai masuk pada 3 Juni 2022.


"Selain pengecekan fisik bangunan dan fasilitas, kita juga melakukan pengecekan kesiapan SDM yang bertugas melayani jemaah," jelasnya.


Ia merinci ada" lima gedung yang akan digunakan jamaah, yaitu gedung D1, D2, D3, D4, dan E. "Kita juga siapkan gedung cadangan, yaitu gedung A, B, dan C," tambahnya.

 

Sebelumnya Pemerintah menegaskan para jamaah haji yang masuk dalam data keberangkatan tahun 2022 harus melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1443 H/2022 M dan konfirmasi keberangkatan.


Tahapan yang ditangani oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag ini dibuka dari 9 - 20 Mei 2021. Sampai saat ini sudah lebih dari 80 ribu jamaah haji yang melakukan konfirmasi keberangkatan.


"Sampai Jumat, 13 Mei 2022 sore, ada 80.313 jamaah haji lakukan pelunasan Bipih dan konfirmasi keberangkatan," terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab di Jakarta, Sabtu (14/5/2022).


Menurutnya, ada 92.825 jamaah yang berhak melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan pada musim haji 1443 H/2022 M. "Termasuk di dalamnya, kuota Petugas Haji Daerah dan pembimbing yang berasal dari KBIHU," katanya.


Konfirmasi keberangkatan harus dilakukan oleh jamaah yang sudah melunasi Bipih 1441 H/2020 M.


"Saat ini, sudah 87,06 persen yang konfirmasi siap berangkat. Masih ada 11.933 kuota jamaah yang diberi kesempatan melakukan pelunasan dan konfirmasi hingga 20 Mei mendatang," jelasnya.


Kasubdit Pendaftaran Haji, Hanif menambahkan, pada tanggal yang bersamaan, dibuka pelunasan bagi jamaah yang masuk dalam kuota cadangan. Total ada 18.460 kuota yang disiapkan sebagai cadangan. "Saat ini sudah 7.782 jamaah yang melunasi Bipih untuk kuota cadangan," tandasnya.


Beberapa waktu lalu, Kementerian Agama telah mengumumkan nama-nama yang berhak lunas haji reguler tahun 2022/1443 Hijriah. Daftar tersebut dapat dibuka pada tautan ini.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×