Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bantu Warga Terdampak Pandemi Jalani Ramadhan, Ketua LAZISNU Ajak Muslim Segera Tunaikan Zakat

Bantu Warga Terdampak Pandemi Jalani Ramadhan, Ketua LAZISNU Ajak Muslim Segera Tunaikan Zakat
Ketua​​​​​​​ Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Ali Hasan Al Bahar (Foto: istimewa)
Ketua​​​​​​​ Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Ali Hasan Al Bahar (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Ketua Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Ali Hasan Al Bahar mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi telah hampir dua tahun ini menyebabkan kemerosotan ekonomi dan mengakibatkan jumlah masyarakat dhuafa bertambah. Selain itu, akibat pandemi Cpvid-19 juga menyebabkan bertambahnya anak yatim.


Karena itu, ia menegaskan bahwa menyegerakan membayar zakat menjadi penting dilakukan untuk membantu masyarakat dhuafa.


"Kita paham betul bahwa pandemi yang terjadi sepanjang dua tahun ini telah menyebabkan kemerosotan dalam bidang perekonomian. Hal ini mengakibatkan jumlah masyarakat dhuafa bertambah sebanyak 5,13 persen dari masa sebelum pandemi," kata Ali Hasan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2022) sore.


Ali Hasan menjelaskan, di bulan Ramadhan ini banyak masyarakat yang masih merasakan kesusahan. Bahkan, untuk sekadar berbuka puasa saja mereka tidak berkecukupan.


"Di bulan yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan ini, maka menjadi penting untuk menyegerakan zakat bagi kita yang berkewajiban, baik zakat fitrah maupun zakat maal, demi membantu mereka, masyarakat dhuafa dan anak yatim," ujar Habib Ali Hasan, sapaan akrabnya.


Karena itu pihaknya berharap dengan menyegerakan zakat, anak-anak yatim dhuafa dapat merasakan kegembiraan di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.


"Saya Ali Hasan Bahar selaku Ketua LAZISNU PBNU mengajak seluruh masyarakat untuk segera menunaikan zakatnya. Zakat Anda bisa disalurkan melalui nucare.id," ajaknya.


Untuk diketahui, NU Care-LAZISNU sebagai salah satu Lembaga Zakat Nasional (Laznas) melakukan pendistribusian zakat secara langsung kepada para mustahiq, melalui jaringan NU Care-LAZISNU yang tersebar di 388 cabang di seluruh Indonesia dan dunia. Penyaluran zakat untuk anak-anak yatim dan dhuafa di bulan Ramadhan ini dapat melalui tautan nucare.id/ziswaf.


Merawat kepedulian

Sebelumnya Habib Ali mengatakan dalam bulan Ramadhan 1443 Hijriyah ini, NU Care-LAZISNU telah menyiapkan berbagai program unggulan. Secara keseluruhan program-program NU Care-LAZISNU mengusung tema Merawat Kepedulian.  


Seperti halnya semua umat Islam menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan gembira, kata Habib Ali, karena di bulan Ramadhan akan tersebar seluas-luasnya kebaikan dan keberkahan. NU Care-LAZISNU juga menyambut Ramadhan dengan suka cita.


Salah satu bentuk suka cita menyambut Ramadhan adalah dengan meningkatkan amal shaleh dan kebaikan-kebaikan. Memfasilitasi umat Islam dalam mewujudkan kebaikan-kebaikan Ramadhan, NU Care-LAZISNU memiliki empat program unggulan yaitu Bangkitkan Usaha Umat, Sehatkan Masyarakat, Cerdaskan Santri, dan Bahagiakan Anak Yatim Dhuafa.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×