Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Benarkah Isra Miraj Terjadi pada 27 Rajab? Berikut Ragam Pandangan Ulama

Benarkah Isra Miraj Terjadi pada 27 Rajab? Berikut Ragam Pandangan Ulama
Ilustrasi isra' mi'raj. (Foto: NU Online)
Ilustrasi isra' mi'raj. (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online

Masyarakat Muslim pada umumnya meyakini bahwa peristiwa Isra Miraj terjadi pada tanggal 27 Rajab. Hal ini membuat banyak Muslim memperingatinya pada tanggal tersebut saban tahunnya. Namun, apa keyakinan itu dapat dibenarkan?


Sofiyurrahman Al-Mubarakfuri dalam karyanya yang berjudul Rahiqul Makhtum menyebutkan enam macam pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra dan Miraj.

Namun, dari enam pandangan itu tidak ada satu pun yang menyebut tanggal pasti. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Al-Aini dalam karyanya yang berjudul Umdatul Qari dan An-Nawawi dalam kitabnya yang berjudul Al-Minhaj.


Beragam pandangan tersebut di antaranya sebagai berikut. Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa Isra dan Miraj terjadi pada tahun kedua setelah diutusnya Nabi Muhammad sebagai nabi.

Kedua, Isra dan Miraj terjadi pada tahun kelima setelah diutusnya nabi. Pendapat ini diamini oleh An-Nawawi dan Al-Qurthuby.


Pandangan ketiga dikemukakan oleh Al-Manshur Faury, yakni pendapat yang lumrah dan populer di kalangan masyarakat, 27 Rajab tahun kesepuluh setelah diutusnya Nabi.


Keempat, pendapat Amam Al-Baihaqi yang mengutip pendapat Az-Zuhri, Isra dan Miraj terjadi pada Rabi’ul Awal tahun ketiga belas setelah diutusnya nabi, yakni satu tahun sebelum hijrahnya Nabi ke Madinah.


Kelima, menurut pendapat As-Sadi, Isra dan Miraj terjadi pada sembilan belas bulan sebelum peristiwa Hijrah, yakni bertepatan dengan bulan Dzulqadah. Keenam, menurut Al-Harby, Isra dan Miraj terjadi pada tanggal 27 Rabiul Akhir satu tahun sebelum hijrahnya Nabi.


Ketujuh, pada bulan Ramadhan tahun ke-12 setelah kenabian, yakni enam belas bulan sebelum hijrahnya Nabi. Kedelapan, pada bulan Muharram 13 tahun setelah kenabian, yaitu bertepatan dengan satu tahun dua bulan sebelum hijrahnya nabi.


Sebagai informasi, jika mengikuti pandangan 27 Rajab, Isra Miraj 1443 H akan bertepatan dengan Selasa, 1 Maret 2022. Hal ini didasarkan pada ikhbar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengenai awal Rajab 1443 H yang jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 M.

Keputusan ikhbar ini juga didasarkan pada laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh Indonesia pada Selasa Pon 29 Jumadal Akhirah 1443 H / 1 Februari 2022 M.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×