Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Berkunjung ke Keraton Yogya, Gus Yahya Tegaskan Pendirian Sekolah Masa Depan

Berkunjung ke Keraton Yogya, Gus Yahya Tegaskan Pendirian Sekolah Masa Depan
Kunjungan Ketua Umum PBNU, Kh Yahya Cholil Staquf ke Keraton Yogyakarta.
Kunjungan Ketua Umum PBNU, Kh Yahya Cholil Staquf ke Keraton Yogyakarta.

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf mengunjungi Keraton Yogyakarta pada Rabu (27/7/2022) lalu. Ia tiba di kompleks Ndalem Kilen dan diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. 


Pada lawatannya itu, pria yang akrab disapa Gus Yahya itu membahas hasil dari kunjungannya ke Uni Emirat Arab (UEA) beberapa waktu lalu, yakni terkait perjanjian kerja sama pendirian School of Future Studies di bawah Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta.


“Ngarso Dalem pun merespons bahwa Keraton Yogyakarta beberapa waktu yang lalu juga sudah diundang untuk tampil di Abu Dhabi dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat UEA,” kata GKR Hemas, dikutip NU Online, Kamis (28/7/2022).


Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Katib ‘Aam PBNU Hilmy Muhammad, Wakil Ketua Umum PBNU Sayyid Habib Hilal Al Aidid, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah (PW) NU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Mas’ud Masduki, dan Ketua PWNU DIY Ahmad Zuhdi Muhdlor. 


Sinergi PBNU dan UEA di bidang pendidikan

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) meneken Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) terkait pendirian sekolah masa depan (School of Future Studies) yang akan dikelola UNU Yogyakarta.


Penandatanganan MoU dilakukan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan perwakilan Universitas Kemanusiaan Mohammed Bin Zayed di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi, Jumat (1/7/2022) lalu. Presiden Joko Widodo dan Presiden Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) turut menyaksikan kerja sama tersebut.


Profil UNU Yogyakarta

UNU Yogyakarta merupakan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama yang berada di bawah naungan PBNU. Kampus ini diresmikan oleh Menteri Negara Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir bersama Ketua Umum PBNU 2015-2021 KH Said Aqil Siroj pada 10 Maret 2017 kala itu. 


Kampus tersebut berlokasi di Jalan Lowanu Nomor 47, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


UNU Yogyakarta memiliki lima fakultas dengan 11 program studi (prodi). Pertama, Fakultas Ekonomi dengan 2 prodi: Manajemen dan Akuntansi. Kedua, Fakultas Teknologi Informasi dengan 3 prodi: Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Elektro. 


Ketiga, Fakultas Industri Halal dengan 3 prodi: Agribisnis, Farmasi, dan Teknologi Hasil Pertanian. Keempat, Fakultas Ilmu Pendidikan dengan 2 prodi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kelima, Fakultas Dirasah Islamiyah yang memiliki 1 prodi: Studi Islam Interdisipliner.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×