Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bonek Mania Gelar Doa Bersama di Tugu Pahlawan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Bonek Mania Gelar Doa Bersama di Tugu Pahlawan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan
Aksi solidaritas untuk Tragedi Kanjuruhan yang digelar Bonek Manisa di area Tugu Pahlawan Surabaya. (Foto: Official Persebaya)
Aksi solidaritas untuk Tragedi Kanjuruhan yang digelar Bonek Manisa di area Tugu Pahlawan Surabaya. (Foto: Official Persebaya)

Surabaya, NU Online 

Ribuan suporter Persebaya Surabaya atau Bonek Mania, menggelar doa bersama di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Senin (3/10/2022) malam. Aksi ini digelar untuk menepikan rivalitas dan memberikan penghormatan kepada para suporter Arema FC atau Aremania, yang menjadi korban tragedi Kanjuruhan.


Aksi solidaritas ini dilakukan dengan menyalakan lilin kecil yang membentuk tulisan RIP (Rest in Peace) dan pita hitam. Bonek juga menabur bunga yang ada di sekitar lilin tersebut. 


Dalam video yang dilihat NU Online, Selasa (4/10/2022) para Bonek Mania memanjatkan doa bersama yang ditujukan kepada para korban yang tewas atas tragedi tersebut.


Setelah doa, mereka bersama-sama melantunkan lagu 'Indonesia Pusaka', 'Sampai Jumpa' lagu milik band Endank Soekamti, serta  Sholawat.


Koordinator Tribun Utara Bonek atau Green Nord Husein Ghozali atau Cak Cong dalam sambutanya mengatakan, aksi kali ini Bonek mengajak seluruh elemen masyarakat Surabaya untuk mendoakan para korban tragedi Kanjuruhan.


"Kami merasa prihatin atas tragedi 1 Oktober 2022 di Kanjuruhan Malang. Ini tragedi kemanusiaan, bukan tragedi biasa," ujar Cak Cong.


Cak Cong mengungkapkan, saat ini pihaknya tidak memikirkan persaingan antarklub. Menurutnya, korban yang meninggal dunia dalam tragedi itu adalah saudara setanah air.


"Tragedi ini yang terakhir. Tidak ada lagi selanjutnya. Rivalitas kita hanya 90 menit," ujarnya.


Cak Conk menuturkan bahwa kemanusiaan di atas segalanya. Sepak bola bukan untuk mempertaruhkan nyawa seseorang.


"Nyawa tidak sebanding dengan apa itu sepak bola. Ayo mari teman- teman kita tundukkan kepala sejenak untuk menghormati saudara kita yang mendahului kita," tutur dia.


Dalam kesempatan yang sama, Kapolrestabes Surabaya Akhmad Yusep Gunawan, turut menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang meninggal dunia.


"Semoga doa kita terkabul sampai Tuhan Yang Maha Esa untuk para almarhum dan almarhumah," ucap Yusep.


Solidaritas Seluruh Indonesia

Aksi solidaritas suporter klub sepak bola ini tak hanya dilakukan oleh Bonek. Berbagai kelompok suporter di berbagai kota juga menggelar doa bersama dan menyalakan lilin untuk menyampaikan duka yang dialami oleh keluarga korban.


Seperti diketahui, tragedi Kanjuruhan merupakan insiden yang menelan ratusan korban jiwa. Hal itu bermula dari kekalahan Arema dengan skor 2-3 dari Persebaya dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.


Terbaru, sebanyak 125 orang dinyatakan meninggal dunia per Ahad (2/10/2022). Korban luka juga masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Malang.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×