Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Buka Kongres ke XVI Fatayat NU, Ini Harapan Wapres KH Ma'ruf Amin

Buka Kongres ke XVI Fatayat NU, Ini Harapan Wapres KH Ma'ruf Amin
Wapres KH Ma'ruf Amin
Wapres KH Ma'ruf Amin

Jakarta, NU Online
Kongres ke XVI Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) yang berlokasi di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan resmi dibuka. Pembukaan dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin secara virtual.


Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan selamat atas terselenggaranya kongres. Ia berharap, Forum permusyawaratan tertinggi dalam organisasi pemudi NU itu bisa menelurkan program-program yang bermanfaat bagi  masyarakat luas, utamanya bagi perempuan Muslim Indonesia.


“Semoga kongres ini menghasilkan putusan dan rekomendasi terbaik bagi kemajuan organisasi serta kemaslahatan umat bangsa dan negara, khususnya bagi kemajuan perempuan Muslim Indonesia. Semoga Allah swt memberi inayah dan meridhoi setiap upaya yang kita lakukan,” ungkap Wapres dalam sambutannya.


Lebih lanjut, Wapres berharap Fatayat NU sebagai organisasi perempuan Islam dan banom NU dapat terus memberikan kontribusi yang signifikan di segala bidang untuk menuju negara maju, adil, dan makmur. Tak lupa ia mengapresiasi kiprah kader wanita muda yang tergabung dalam Fatayat nu.


Menurutnya, perempuan Muslim Indonesia patut bersyukur karena memiliki kesempatan yang setara dengan kaum pria untuk mengenyam pendidikan, berkarya, hingga menduduki posisi strategis baik dalam dunia kerja usaha, politik, dan juga pemerintahan.


Meski begitu, ia menilai bahwa kesempatan yang terbuka itu belum bisa diakses secara merata bagi seluruh perempuan Muslim Indonesia, lantaran keterbatasan fasilitas dan medan yang tidak memadai.


“Maka itu, masih dibutuhkan kerja keras untuk memajukan perempuan Indonesia,” kata Wapres.


Untuk itu, ia menilai langkah strategis dari Fatayat NU sangat diharapkan sebagai upaya untuk memperkuat pemberdayaan perempuan. Hal tersebut juga selaras dengan agenda presiden G20 Indonesia tahun ini melalui Woman-20 (W20) dengan 4 isu prioritas meliputi diskriminasi dan kesetaraan perempuan, inklusi ekonomi untuk pemberdayaan perempuan, peningkatan perempuan pedesaan dan penyandang disabilitas, serta peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak.


“Saya mendorong Fatayat NU untuk turut ambil bagian menyukseskan presidensi G20,” tutur Wapres.


Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menghadiri langsung acara turut memberikan selamat atas terselenggaranya Kongres ke-16 Fatayat NU.


“Selamat berkongres, Sahabat Fatayat. Semoga mendapatkan keputusan terbaik, semoga terus dalam perjuangan membela seluruh bangsa Indonesia,” kata Menteri Prabowo.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×