Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Cegah Dehidrasi, Begini Pola Minum yang Dianjurkan Saat Puasa

Cegah Dehidrasi, Begini Pola Minum yang Dianjurkan Saat Puasa
Dalam sehari seseorang dianjurkan mengonsumsi sedikitnya 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas.
Dalam sehari seseorang dianjurkan mengonsumsi sedikitnya 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas.

Jakarta, NU Online
Haus merupakan salah satu mekanisme tubuh yang memberi sinyal bahwa cairan tubuh berkurang atau kekurangan cairan. Kondisi tersebut memang jarang sekali berakibat fatal, tetapi bukan berarti dehidrasi bisa disepelekan begitu saja.

 

Sekretaris Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) dr Citra Fitri Agustina mengungkapkan bahwa pemenuhan kebutuhan cairan saat berpuasa penting untuk diperhatikan.

 

"Jangan sampai dehidrasi. Karena saat Ramadhan begini, kita sudah senang minum yang manis, jadi air putihnya kurang," terangnya saat dihubungi NU Online, Selasa (5/4/2022).

 

Alih-alih mengonsumsi minuman manis, sambungnya, seseorang justru lebih membutuhkan air putih sebagai pemenuh cairan pada tubuh. Air putih tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga berguna dalam proses pencernaan serta metabolisme tubuh.

 

Dokter Citra mengatakan bahwa untuk mencapai hidrasi sehat, dalam sehari seseorang dianjurkan mengonsumsi sedikitnya 2 liter air putih atau setara dengan delapan gelas. Saat berpuasa, konsumsi air putih ini bisa dibagi kedalam pola 2-4-2.

 

Pola tersebut adalah dua gelas air putih pertama saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Adapun pembagian 4 gelas di malam hari bisa dilakukan saat hendak tarawih dan menjelang tidur dengan masing-masing 2 gelas air di tiap waktunya.

 

"Jadi pastikan air putih yang kita minum itu cukup konsumsinya," kata Dokter Citra.

 

Kendari demikian, pada kondisi tertentu, konsumsi air harian bisa jadi melebihi 2 liter yang dianjurkan. Misalnya, sambung Dokter Citra, seorang pengopi.

 

"Kalau misalkan kita senang ngopi, itu memerlukan ekstra air putih, supaya bisa menetralisir kopi," paparnya.

 

Gejala dehidrasi

Melansir Healthline, gejala dehidrasi pada setiap orang adalah berbeda-beda. Hal ini tergantung pada apakah kondisinya ringan atau berat. Adapun gejala dehidrasi ringan hingga sedang meliputi kelelahan, mulut kering, rasa haus yang meningkat, buang air kecil berkurang, produksi air mata lebih sedikit, kulit kering, sembelit, sakit kepala.

 

Selain gejala dehidrasi ringan, dehidrasi berat juga dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan, kurangnya produksi keringat, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, pernapasan cepat, mata lelah, kulit kering, dan urin berwarna gelap.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×