Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Cegah Hoaks, Gus Yahya: Percayakan Pengusutan Tragedi Kanjuruhan kepada Tim Pencari Fakta

Cegah Hoaks, Gus Yahya: Percayakan Pengusutan Tragedi Kanjuruhan kepada Tim Pencari Fakta
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengikuti doa dan tahlil untuk korban tragedi Kanjuruhan, Malang.
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengikuti doa dan tahlil untuk korban tragedi Kanjuruhan, Malang.

Malang, NU Online

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengajak semua pihak untuk mempercayakan pengusutan musibah yang terjadi di stadion Kanjuruhan kepada tim pencari fakta yang dibentuk pemerintah.

 

"Kita mesti percaya kepada mereka agar kita semua terhindar dari informasi-informasi hoaks yang dibuat untuk memperkeruh suasana," kata Gus Yahya dalam sambutannya di hadapan perwakilan keluarga korban, di GSG NU, Krapyak, Selasa (4/9/2022).


Dalam kunjungannya ke Kota dan Kabupaten Malang, Gus Yahya secara langsung memberikan santunan kepada para keluarga korban tragedi Kanjuruhan, baik yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit.


Gus Yahya juga mengingatkan kepada petugas Posko Terpadu PBNU untuk proaktif menjemput warga yang membutuhkan bantuan informasi maupun trauma healing.


"Jangan menunggu masyarakat yang meminta bantuan, tapi harus proaktif, jemput bola," ujarnya mengingatkan.


Menurutnya, kepedulian NU ini merupakan tanggung jawab NU kepada masyarakat yang terkena musibah. "Kalau tidak dilaksanakan kita berdosa," kata Gus Yahya.


Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Malang, Gus Hamim mengucapkan terima kasih kepada jajaran PBNU yang menyempatkan ke Malang.


"Kehadiran panjenengan semua menjadi motivasi bagi kami untuk lebih peduli terhadap kemanusiaan," ujar Gus Hamim.

 

Selain tim pencari fakta tersebut, media-media nasional juga secara sukarela membentuk tim gabungan untuk melakukan investigasi independen.


Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×