Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Dapatkah Cacar Monyet Menular dari Manusia ke Manusia?

Dapatkah Cacar Monyet Menular dari Manusia ke Manusia?
Ilustrasi Cacar Monyet.
Ilustrasi Cacar Monyet.

Jakarta, NU Online
Cacar monyet (monkeypox) adalah penyakit yang bersumber dari binatang (zoonosis) yang menginfeksi manusia. Monyet dari golongan primata diduga merupakan hewan pembawa virus tersebut sesuai nama penyakitnya.


Hal itu diungkapkan Hana A Pawestri dan Krisna Nur Andriana Pangesti, Peneliti Laboratorium Virologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Kementerian Kesehatan.


Namun, dua peneliti ini menyebut dalam tulisan mereka berjudul Penyakit Cacar Monyet, 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Supaya Tak Tertular, istilah cacar monyet sebenarnya kurang tepat karena virus ini ditemukan juga pada hewan pengerat, yaitu tikus dan tupai. Mekanisme manusia bisa terinfeksi oleh virus cacar monyet, belum bisa dipastikan secara detail.


“Mekanisme kontak langsung ataupun tidak langsung antara manusia dan hewan terinfeksi melalui kulit yang luka, saluran pernapasan, atau selaput lendir dengan cairan tubuh hewan tersebut diduga menjadi medium penularannya,” ungkap Hana dan Krisna dalam tulisan tersebut.


Keduanya juga mengungkapkan kasus penularan manusia ke manusia dilaporkan bisa terjadi, terutama pada staf rumah sakit dan keluarga yang memiliki kontak yang cukup lama dengan penderita virus cacar monyet.


“Kasus penularan dari manusia ke manusia biasanya terjadi melalui cairan saluran pernapasan,” ungkap keduanya.


Selain itu, penularan dapat melalui kontak dengan cairan tubuh pasien secara langsung atau tidak langsung dari baju atau alat tidur. Namun, proses penularan manusia ke manusia ini tidak mudah terjadi dan sangat terbatas.


Darurat kesehatan global
Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Cacar Monyet (Monkeypox) sebagai darurat kesehatan global. Pasalnya, penyakit ini telah merebak ke berbagai negara di dunia. Bahkan, kasus ini telah sampai di Singapura. (https://www.nu.or.id/nasional/jangan-sepelekan-kenali-gejala-cacar-monyet-berikut-ini-cf8Xl)


Karenanya, cacar monyet ini harus dicegah sedini mungkin. Untuk mencegahnya, terlebih dahulu harus mengenali setiap gejala dari penyakit tersebut, dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/2752/2022 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyakit Monkeypox di Negara Non-Endemis.


Orang yang terkena penyakit Cacar Monyet memiliki gejala utama berupa ruam akut (papula, vesikel dan/atau pustula) yang tidak bisa dijelaskan pada negara non-endemis.


Selain itu, orang yang terinfeksi Cacar Monyet memiliki satu atau lebih dari enam gejala berikut. Sakit kepala, demam akut >38,5 derajat, C Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri otot/myalgia, sakit punggung, dan  kelemahan tubuh (Asthenia).


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×