Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Dianugerahi Doktor Honoris Causa, Menteri Urusan Islam Arab Saudi: Jadilah Umat Moderat

Dianugerahi Doktor Honoris Causa, Menteri Urusan Islam Arab Saudi: Jadilah Umat Moderat
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memberikan anugerah gelar doktor honoris causa kepada Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi Syekh Abdullatif Bin Abdulaziz Al Sheikh. (Foto: Kemenag).
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memberikan anugerah gelar doktor honoris causa kepada Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi Syekh Abdullatif Bin Abdulaziz Al Sheikh. (Foto: Kemenag).

Jakarta, NU Online

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta memberikan anugerah gelar doktor honoris causa kepada Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi Syekh Abdullatif Bin Abdulaziz Al Sheikh di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin (28/3/2022) pagi


Dalam kesempatan itu, ia menegaskan, bahwa umat Islam harus menanamkan dan melaksanakan agama Islam dengan moderat. Sebab, Allah swt telah memerintahkan hal tersebut sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 143.


“Allah swt dalam Al-Qur'an memerintahkan kita untuk menjadi umat moderat,” katanya di hadapan sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid Sa’adi, dan tamu undangan lainnya.


Syekh Abdullatif mengajak agar semua pihak turut serta bahu-membahu dalam menyemai agama Islam yang moderat. “Untuk menjadi umat Islam yang kuat, utuh, dan umat yang penuh cinta kasih, maka beragama yang moderat harus dijadikan konsep dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.


Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa umat Islam tidak boleh menjadi ekstrem sehingga melahirkan banyak malapetaka bagi umat manusia. Sebab, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 107, tidaklah Nabi diutus melainkan sebagai rahmat bagi alam semesta.


“Nabi diutus sebagai rahmatan lil alamin. Tidak menjadi pembunuh ataupun teroris, tidak juga menimbulkan fitnah,” katanya.

 

Di akhir pidatonya, Syekh Abdullatif menyampaikan harapan, semoga Allah swt menjaga Indonesia sebagai negeri yang baik dengan penduduk yang baik dan terhindar dari keburukan sehingga Indonesia dalam waktu dekat dapat menjadi negara hebat di dunia.


“Dalam kunjungan singkat saya, sungguh negara ini dalam waktu yang sangat dekat bakal menjadi negara terhebat di dunia. Tidak ada keraguan dalam masa ke depan negara ini sukses mendapatkan negara dengan derajat tertinggi,” pungkasnya.


Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Hj Amany Lubis menganugerahkan gelar doktor honoris causa dalam bidang pemikiran Islam kepada Syekh Abdullatif. Ia tampak didampingi Gurus Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Said Agil Husin Al Munawar.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×