Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Dirjen Pendis Kemenag Optimis Beasiswa Santri Bawa Perubahan Baik terhadap Pesantren

Dirjen Pendis Kemenag Optimis Beasiswa Santri Bawa Perubahan Baik terhadap Pesantren
Peluncuran Beasiswa Santri LPDP, Senin (12/11)
Peluncuran Beasiswa Santri LPDP, Senin (12/11)
Jakarta, NU Online
Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menuturkan, Beasiswa Santri LPDP tidak hanya tepat waktu, tapi juga akan berfungsi instrumental dalam membawa sebuah perubahan fundamental pondok pesantren.

"Beasiswa santri akan berdampak jangka panjang dan akan merubah mutu dan kualitas sumber daya manusia di pondok pesantren karena pondok pesantren bukan hanya lembaga pendidikan, tapi juga lembaga dakwah, lembaga pemberdayaan masyarakat," kata Kamaruddin saat peluncuran Beasiswa Santri LPDP di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Untuk menyukseskan itu, kata Kamaruddin, dibutuhkan kapabilitas dan kompetensi yang beragam. Santri diharapkannya tidak hanya menguasai kitab kuning, tetapi juga memahami buku-buku di luar pesantren yang juga bermutu.

Oleh karena itu, beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan untuk jurusan ilmu-ilmu terkait agama, tetapi juga disiplin ilmu non-agama, seperti ilmu manajemen atau ilmu hukum.

"Sekali lagi kami sangat optimis bahwa dia siswa ini akan membawa sebuah transformasi signifikan dalam pondok pesantren," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyinggung tentang karakter keberagaman suatu bangsa yang dinilai sangat berkorelasi dengan tradisi kesarjanaan Islam yang ada di negara tersebut, seperti konservatisme Islam yang terjadi di Arab Saudi berhubungan dengan Universitas Ummul Quro Mekkah.

"Itu sangat berkorelasi secara signifikan dengan tradisi kesarjanaan Islam yang ada di negara tersebut," ucapnya.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia yang memiliki lembaga pendidikan pesantren terbesar di dunia juga telah berkontribusi secara fundamental dan berkelanjutan dalam membentuk keberagamaan Islam Indonesia.

"Mari kita bersama-sama memberikan afirmasi sustainable kepada pondok pesantren dan diharapkan LPDP menjadi kuncinya," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan Beasiswa Santri LPDP. Peluncuran sendiri dilakukan oleh Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati. (Husni Sahal/Kendi Setiawan)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×