Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Eko Kuntadhi Akui Kurang Teliti Sebar Video Ning Imaz, Besok ke Lirboyo Minta Maaf

Eko Kuntadhi Akui Kurang Teliti Sebar Video Ning Imaz, Besok ke Lirboyo Minta Maaf
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi. (Foto: Tangkapan layar Cokro TV)
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi. (Foto: Tangkapan layar Cokro TV)

Jakarta, NU Online 
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf atas perbuatannya yang dinilai telah menghina Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra atau yang akrab disapa Ning Imaz di twitter, pada Senin lalu. 


Ia mengaku tidak teliti terhadap caption (keterangan tulisan) yang terdapat di dalam potongan video Ning Imaz. Bahkan, Eko mengaku mendapatkan video beserta caption itu dari twitter, lalu disebar dengan tambahan caption 'jadi bidadari itu bukan perempuan?'


"Saya mohon maaf. Memang saya nggak teliti soal caption-nya. Caption itu yang bikin bukan saya. Saya dapat (video Ning Imaz) dari twitter," ungkap Eko Kuntadhi kepada NU Online, melalui sambungan telepon, pada Rabu (14/9/2022).


Eko mengaku bahwa untuk saat ini memilih menyampaikan permohonan maaf melalui NU Online, daripada harus lewat video yang disebar di media sosial. Ia khawatir, penyampaian klarifikasi atau permohonan maaf yang diunggah di media sosial justru akan berpotensi dirusak oleh warganet.  


"Saya sengaja nggak minta maaf via medsos, karena saya khawatir blunder, khawatir akan dirisak lagi. Saya lebih memilih memohon maaf lewat media, ketimbang lewat medsos. Saya kirim permohonan maaf ke media biar beritanya lebih valid," ungkap Eko.


Rencananya, Eko Kuntadhi juga akan mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Di sana, Eko bakal menyampaikan permohonan maaf langsung kepada Ning Imaz dan keluarga Lirboyo. Secara terbuka atau tertutup, ia serahkan sepenuhnya kepada tuan rumah. 


"Besok pesawat jam 12 (siang) dari Jakarta ke Surabaya. Landing sekitar jam 2 (siang), langsung berangkat ke Lirboyo. Kira-kira sampai sana (Lirboyo) jam 5 sore," kata Eko.


"Terserah tuan rumah (permohonan maaf secara terbuka atau tertutup), wong saya yang salah kok. Insyaallah nanti juga dipertemukan dengan masyayikh. Saya didampingi Mas Guntur Romli," imbuh Eko. 


Potongan video Ning Imaz yang telah dibubuhi caption kata-kata kasar itu, diunggah Eko Kuntadhi pada Senin malam. Lalu, ia banyak dihubungi oleh teman-temannya karena yang dihina itu adalah Ning Imaz, putri kiai dari Lirboyo.


Setelah itu, Eko langsung menghapus unggahan tersebut, pada Selasa pagi. Lalu ia menghubungi Gus Rifqil Moeslim menyampaikan permohonan maaf karena ketidaktahuannya. 


"(Selasa) pagi, saya ditelepon teman-teman, (dikasih tahu) itu Ning Imaz. Langsung saya takedown (videonya). Kemarin saya hubungi Gus Rifqil, mohon maaf, saya izin mau sowan ke Lirboyo kalau diperkenankan," tutur Eko.


Diketahui bahwa selain Eko Kuntadhi, terdapat akun lain yang mengunggah potongan video Ning Imaz. Salah satunya akun twitter @jagalkadrun1312. 


Berdasarkan jejak digital hasil tangkapan layar yang tersebar di media sosial, @jagalkadrun1312 lebih dulu mengunggah video tersebut daripada Eko Kuntadhi. 


Akun @jagalkadrun1312 mengunggah video itu pada Senin (12/9/2022) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Sementara Eko, mengunggah di hari yang sama pada pukul 22.51 WIB. 


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syamsul Arifin 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×