Nasional

Gus Baha Jelaskan Beda Pandangan soal Penambahan Kata Ta’ala Setelah Lafaz Allah

Rab, 15 Maret 2023 | 13:30 WIB

Gus Baha Jelaskan Beda Pandangan soal Penambahan Kata Ta’ala Setelah Lafaz Allah

Rais Syuriyah PBNU, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (Foto: Dok. Al-Munawwir Krapyak)

Yogyakarta, NU Online

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Bahauddin Nursalim menjelaskan bahwa seseorang yang bergelut dengan ilmu pengetahuan dan banyak membaca maka tidak akan kaget dengan perbedaan.


Pria yang akrab disapa Gus Baha ini lalu menceritakan perbedaan di tengah masyarakat terkait penambahan kata Ta’ala setelah lafadz Allah saat mengucapkan salam. Sebagian orang menolak adanya tambahan kata Ta’ala, penolakan tersebut ditampilkan di depan umum. Hal ini disampaikan Gus Baha dalam Semarak Pembukaan Safir Tablig Akbar Milad ke-80 Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Senin (13/3/2023) lalu.


“Kita lihat perbedaan itu biasa saja. Mungkin karena bacaannya banyak. Kalau orang yang tidak siap dengan perbedaan ketika ada tambahan kata Ta’ala setelah lafadz Allah saja dipermasalahkan. Tidak terima kalau Allah disifati sebagai Ta’ala. Padahal Ta’ala, itu makna Yang Maha Luhur, Maha Agung,” jelasnya.


Gus Baha lalu menambahkan, suatu hari dalam sebuah acara ada dua mubaligh. Kiai yang pidato bagian pertama membuka pidato menggunakan redaksi, Assalamu’alaikum warahmatullahi ta’ala wabarakatuh.


Tidak sepakat dengan kiai yang pertama, mubaligh kedua yang maju menggunakan redaksi salam yang berbeda, dengan tanpa kata Ta’ala, Assalamu’alaikum warahmatullahi tanpa ta’ala wabarakatuh.


Masalah penambahan kata Ta’ala saat salam bukan hal baru, dalam Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, No.25683 disebutkan bahwa ada seorang pria menambahkan kata Ta’ala saat mengucapkan salam ke Salman Alfarisi.


‎حدثنا كثير بن هشام، عن جعفر، عن ميمون، أن رجلا سلم على سلمان الفارسي، فقال: السلام عليكم ورحمة الله تعالى وبركاته، فقال: سلمان: «حسبك» ، ثم رد على الذي قال , ثم أراد أخرى فقال له الرجل: أتعرفني يا أبا عبد الله؟ فقال: «أما روحي فقد عرف روحك


Hal serupa juga pernah terjadi pada cerita sahabat Abdullah bin Umar. 


‎عَنْ سَالِمٍ مَوْلَى عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ جَمِيعًا قَال: كَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا سَلَّمَ عَلَيْهِ فَرَدَّ زَادَ، فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ، فَقَال: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ تَعَالَى، ثُمَّ أَتَيْتُهُ مَرَّةً أُخْرَى فَقُلْتُ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ تَعَالَى وَبَرَكَاتُهُ، فَقَال: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ تَعَالَى وَبَرَكَاتُهُ وَطَيِّبُ صَلَوَاتِهِ


“Satu peristiwa, mubaligh kedua tidak terima ada kata Ta’ala karena dianggap bid’ah. Maka dia menggunakan redaksi salam Allah tanpa Ta’ala,” ujar Gus Baha.


Menurut Gus Baha, perbedaan adalah hak bisa, bagi seseorang yang menekuni fiqih itu tahu bahwa yang tidak qunut itu mazhab Hanafi dan yang qunut ikut mazhab Syafi’i. Sekarang berubah, tahu-tahu dikatakan Imam Syafi’i itu Nahdlatul Ulama dan Imam Hanafi itu Muhammadiyah. Padahal kedua tokoh ini lahir jauh sebelum dua organisasi tersebut lahir. 


Begitu juga bab penambahan kata Ta’ala setelah lafadz Allah, khususnya yang salam. Karena beranggapan bahwa redaksi salam dari Rasulullah tidak begitu alias sudah tidak murni. Lafadz salam dianggap tauqifi, murni dari Nabi Muhammad. 


“Itu kan jadi repot ketika redaksi penambahan kata Ta’ala setelah lafadz Allah saja dipermasalahkan. Perbedaan itu soal sudut pandang. Biasa saja,” tandas ulama asal Rembang ini.


Kontributor: Syarif Abdurrahman

Editor: Fathoni Ahmad