Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gus Muwafiq Berjumpa Habib Ali Al-Jufri di Semarang

Gus Muwafiq Berjumpa Habib Ali Al-Jufri di Semarang
Gus Muwafiq dan Habib Ali Al-Jufri
Gus Muwafiq dan Habib Ali Al-Jufri
Jakarta, NU Online
KH Ahmad Muwafiq berjumpa dengan Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri atau biasa disebut Habib Ali Al-Jufri dalam sebuah acara Ramah Tamah dan Bedah Buku, di Universitas Islam Negeri, Semarang Rabu (4/12). Di sela-sela acara tersebut, Habib Jufri memimpin doa yang diamini oleh semua orang termasuk Gus Muwafiq. 

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan orang ini terdapat para habaib dan ulama yang memadati acara. Habib Jufri sendiri dalam sebuah video yang beredar menyampaikan pidato menggunakan bahasa Arab yang diterjemahkan oleh penerjemah ke dalam bahasa Indonesia.

Pertemuan ini sarat makna dan mendapat respons positif di media sosial karena terjadi di saat hangatnya masalah yang berkembang di masyarakat, di mana sehari sebelumnya Gus Muwafiq dilaporkan oleh Front Pembela Islam (FPI) kepada kepolisian atas dugaan penistaan agama. Pelaporan tersebut dilatarbelakangi ada dugaan kalimat merendahkan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan Gus Muwafiq dalam pidatonya pada sebuah pengajian tiga bulan sebelumnya.

Pelaporan tersebut memicu perdebatan pro-kontra dalam masyarakat. Sebuah stasiun televisi bahkan menyiarkan kontroversinya secara 'live' saat premium time. Pro-kontra juga sempat terjadi di Twitter melalui perang hastag #KamiBersamaGusMuwafiq dan #KamiBersamaRasulullah.

Walaupun video tersebut telah diklarifikasi oleh Gus Muwafiq dengan meminta maaf kepada umat Islam secara keseluruhan, namun FPI tetap melanjutkan laporannya. 

Netizen bernama Irsyadul Ibad  dalam akunnya berharap pertemuan ini mengakhiri konflik yang memanas. "Semoga segera selesai," tulis Irsyad yang lalu diamini oleh netizen bernama Amak.

Pewarta: Ahmad Rozali
Editor: Abdullah Alawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×