Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Habib Luthfi Minta Generasi Muda Dikenalkan Pejuang Lewat Ziarah Ke Makam Pahlawan

Habib Luthfi Minta Generasi Muda Dikenalkan Pejuang Lewat Ziarah Ke Makam Pahlawan
Rais 'Aam Jatman Habib Luthfi bin Yahya (depan tiga dari kanan) usai gelar ziarah ke TMP Kalibakung, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Tahmid)
Rais 'Aam Jatman Habib Luthfi bin Yahya (depan tiga dari kanan) usai gelar ziarah ke TMP Kalibakung, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Tahmid)

Tegal, NU Online 
Rais 'Aam Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal Ahad (3/10)

 

Kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) beragendakan ziarah, tabur bunga, dan penghormatan bagi para pahlawan TNI Angkatan Laut (AL) dan juga terdapat makam para ulama yang ikut berjuang membela negara. 

 

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya mengungkapkan pentingnya setiap Taman Makam Pahlawan (TMP) menjadi wisata religi. Karena, setiap TMP itu jelas bisa mengenal siapa pahlawan-pahlawan dari segala sudut.

 

"Kalau tidak cepat diangkat untuk wisata religi, ke depan generasi kita itu kira-kira mengenal yang pernah andil dan kontribusi besar untuk menegakkan merah putih? Itu pertanyaan yang perlu kita bersama menjawab, bukan untuk kelompok, bukan untuk individu," tegasnya.

 

Habib Luthfi yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mengajak kepada semua pihak terhadap generasi muda untuk bisa diperkenalkan kepada para pahlawan pejuang dan pembela NKRI.

 

"Kita harus berpikir lebih jauh masa depan regenerasi kita. Karena mengenal para pahlawan-pahlawannya. Saya yakin akan tumbuh generasi-generasi kita, pariotisme, harga diri bangsa, jati diri bangsa, akan menjaga kehormatan bangsa. Di situlah akan memperkokoh persatuan bangsa," pungkasnya.

 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, peringatan HUT ke-76 TNI dengan agenda berziarah ke makam para pahlawan TNI AL dan ulama di Kabupaten Tegal karena daerah Tegal bagian selatan tempatnya di Desa Kalibakung menjadi daerah yang sangat penting dan memiliki sejarah serta merupakan cikal bakal perjuangan TNI AL.

 

"Di TMP ini juga terdapat sekolah Angkatan Laut Corps Armada IV pada awal kemerdekaan yang melahirkan tokoh-tokoh angkatan laut," ujarnya. 

 

Disampaikan, lokasi TMP Kalibakung sebagai tempat untuk masyarakat mengetahui sejarah para pahlawan TNI AL dan ulama. Memberikan fasilitas bagi yang ingin mengirim doa ataupun ziarah serta bisa dijadikan wisata religi.

 

"Kegiatan ziarah berupa upacara tabur bunga memperingati HUT TNI ke-76 juga dilakukan secara serentak di daerah Batang, TMP Pekalongan, TMP Pemalang, Kuningan," terangnya.

 

Turut hadir dalam ziarah tersebut, para pejabat utama TNI AL, Bupati Tegal, Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh pemuda dan elemen lainnya.

 

Kontributor: Tahmid
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×