Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ini 6 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem

Ini 6 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem
Ini 6 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem.
Ini 6 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Ekstrem.

Jakarta, NU Online 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca ekstrem di 30 wilayah Indonesia. Cuaca ini diperkirakan akan terjadi selama beberapa hari ke depan, mulai 14 September hingga 16 September 2022 mendatang.


Karenanya, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan karena cuaca ekstrem berkaitan erat peningkatan penyakit. Cuaca ekstrem sering kali menyebabkan imunitas tubuh seseorang melemah sehingga rentan terkena penyakit.


Umumnya, beberapa penyakit yang sering muncul saat cuaca ekstrem antara lain batuk, influenza, serta infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).


Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terdapat beberapa kiat untuk mengantisipasi cuaca ekstrem agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. 


1. Mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur menjadi andalan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya memiliki peran penting bagi tubuh. Antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sangat diperlukan agar tidak mudah terpapar virus maupun bakteri.


2. Mengonsumsi protein

Selain buah-buahan dan sayuran, Anda juga perlu memperhatikan konsumsi protein harian. Kandungan protein pada makanan dapat berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh. 


Adapun makanan yang mengandung protein yang mudah ditemui antara lain, daging, susu, dan telur.


3. Rajin berolahraga

Selain mengonsumsi kedua sumber makanan di atas, Anda juga diharuskan untuk rajin melakukan aktivitas fisik. Rutin berolahraga tiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.


Untuk itu, Anda disarankan rutin berolahraga minimal 30 menit per hari. 


4. Mengelola stres

Tahukah Anda jika stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh? Yup, stres berkepanjangan yang tidak segera diatasi berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. 


Selain mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga, Anda juga perlu mengelola stres agar imunitas tubuh tetap terjaga.


5. Memenuhi kebutuhan istirahat

Tidur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena sistem imun tubuh dapat bekerja maksimal dalam memproduksi antibodi.


Selain meningkatkan kekebalan tubuh, istirahat cukup juga dapat mengoptimalkan fungsi imun. Dengan demikian, risiko kemunculan berbagai macam penyakit dapat berkurang.


6. Mencukupi kebutuhan cairan harian

Saat cuaca ekstrem, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, minimal dengan minum 8 gelas air putih dalam sehari. Hal ini dapat menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun tubuh, serta meningkatkan energi dalam tubuh.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×