Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ini Sejumlah Topik yang akan Dibahas LP Ma’arif PBNU di Rakernas Palembang

Ini Sejumlah Topik yang akan Dibahas LP Ma’arif PBNU di Rakernas Palembang
Ketua LP Ma'arif PBNU Muhammad Ali Ramdhani. (Foto: NU Online/Suwitno)
Ketua LP Ma'arif PBNU Muhammad Ali Ramdhani. (Foto: NU Online/Suwitno)

Bogor, NU Online 
Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PBNU akan menggelar kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Palembang, Sumatera Selatan pada Agustus 2022 mendatang. Selama masa pelaksanaan tersebut, LP Ma'arif memiliki sejumlah topik yang menjadi pembahasan di sana.


“Agenda Rakernas LP Ma'arif mendatang untuk membahas dan menetapkan program kerja LP Ma'arif PBNU 2022-2027, meliputi program secara keseluruhan, baik program prioritas maupun program strategis lainnya,” kata Ketua Panitia Pelaksana Rakernas LP Ma'arif PBNU Abdullah Hanif, saat kegiatan Prarakernas di Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/6/2022). 


Sementara itu, Ketua LP Ma'arif PBNU Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, tahapan Rakernas akan diawali dengan pemetaan data, dan melakukan analisis potensi anggota LP Ma'arif PBNU. 


Menurutnya, hal itu dilakukan semata-mata untuk menciptakan sekolah dan madrasah unggulan di bawah naungan LP Ma'arif NU. “Madrasah unggul ditandai dengan kemampuan literasi baca, literasi numerik dan literasi sains,” terang pria yang akrab disapa Dhani ini.


Selain itu, tambah Dhani, Rakernas mendatang juga akan melakukan pembahasan mengenai penyesuaian organisasi dengan peraturan perkumpulan, rancangan program prioritas LP Maarif PBNU dan penetapan program kerja lainnya.


Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati Bandung ini menambahkan, ada sejumlah usulan program prioritas yang akan menjadi acuan LP Ma'arif PBNU mendatang, yakni pemetaan (klasterisasi) data dan potensi anggota LP Ma'arif PBNU, penguatan kurikulum pembelajaran untuk sekolah dan madrasah di bawah naungan LP Ma'arif, pembenahan sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas peserta didik.


“Program prioritas yang dicanangkan bisa juga mengambil referensi (benchmarking) dari pengelolaan lembaga pendidikan (benchmarking) ke sekolah dan madrasah unggulan yang ada. Hari ini kita harus kembali pada hal yang basisnya kurikulum, membangun branding agar madrasah mampu mengambil kurikulum ke arah Cambridge misalnya,” tutup Dhani.


Sementara itu, Harianto Oghie, Sekretaris LP Ma'arif PBNU, menyampaikan, berbagai perkembangan dunia pendidikan yang terjadi saat ini mendorong LP Ma’arif NU untuk melakukan penanganan yang maksimal terhadap keberadaan satuan pendidikan yang bernaung di bawahnya.


“Hal ini yang juga akan dijadikan pembahasan utama dalam Rakernas LP Ma’arif PBNU mendatang,” kata Steering Committee Rakernas LP Ma'arif PBNU itu.


“Maka Rakernas mendatang menjadi ajang untuk melakukan koordinasi dalam sinergi program dan penguatan kelembagaan selain membahas berbagai program-program nasional LP Ma’arif NU 2021,” tutup Oghie.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Syamsul Arifin 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×