Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Inilah Makna Logo HUT Ke-77 RI

Inilah Makna Logo HUT Ke-77 RI
Logo HUT ke-77 RI.
Logo HUT ke-77 RI.

Jakarta, NU Online

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia telah resmi dirilis pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). 


Mengutip dari Pedoman identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, logo berbentuk angka 77 berwarna dasar putih dengan perpaduan warna merah putih itu mengandung makna mendalam, mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.


Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama sesuai tema besar yang diusungnya, “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” menuju Indonesia maju.


Dalam karakter visual yang telah dipublikasikan, terselip filosofi yang sangat bermakna dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 


Berikut adalah makna filosofis yang terkandung dalam Logo tersebut:


1. Dua panah ke atas (percepatan dan pergerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua anak tangga (progres dan pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian atas terpotong (demokrasi dan keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis miring dan sudut runcing (semangat juang dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung (sinergi dan harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut penghubung (penghubung antarbangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet angka 1 (persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.


Dalam logo resmi Peringatan 17 Agustus 2022 yang berbentuk angka 77 tersebut, juga tertulis tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang berada di samping kanan angka 77. Logo resmi 17 Agustus 2022 dan tema HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara visual tergabung menjadi slogan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.


Pewarta: Syifa Arrahmah 
Editor: Syakir NF
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×