Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Inovasi Klasterisasi, Akreditasi, dan Database PP IPNU Dihujani Apresiasi

Inovasi Klasterisasi, Akreditasi, dan Database PP IPNU Dihujani Apresiasi
Pengurus Pimpinan Pusat IPNU tengah menyampaikan laporan pertanggungjawaban. (Foto: IPNU/Fahmi)
Pengurus Pimpinan Pusat IPNU tengah menyampaikan laporan pertanggungjawaban. (Foto: IPNU/Fahmi)

Jakarta, NU Online

Inovasi Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Masa Khidmah 2019-2022 terkait sistem klasterisasi, akreditasi, dan database diapresiasi Pimpinan Wilayah (PW) dan Pimpinan Cabang (PC) dari seluruh Indonesia. Pasalnya, inovasi tersebut dinilai sangat dibutuhkan di era saat ini.


“Soal klasterisasi, akreditasi, database ini terobosan baru, kami sangat mengapresiasi karena bisa memacu teman-teman tertib administrasi,” ungkap perwakilan wilayah DKI Jakarta saat memberikan pandangan umum di Sidang Pleno Laporan Pertanggungjawaban pada Senin (15/8/2022) dini hari.


Di samping tertib administrasi, menurut perwakilan wilayah DKI Jakarta itu, adanya inovasi tersebut membuat data yang dimiliki IPNU menjadi konkret dan lengkap. Senada, perwakilan wilayah Sumatera Utara menyatakan bahwa database tersebut menjadi bekal penting keberjalanan organisasi.


“Saya betul-betul mengapresiasi kinerja Pimpinan Pusat. Salah satu organisasi yang database-nya sinkron dari bawah ke atas yakni IPNU. Artinya, PP IPNU itu sangat serius,” tegas perwakilan wilayah Sumatera Utara.


Aspek lain yang diapresiasi yakni terkait pengelolaan media dan situs web. Bahkan, semua perwakilan wilayah berharap agar inovasi ini dapat dilanjutkan oleh pengurus PP IPNU berikutnya. “Ini tentu kita harapkan bersama agar ke depannya dapat dikembangkan,” kata perwakilan wilayah Provinsi Jambi.


Sementara itu, perwakilan wilayah Kalimantan Barat menyatakan bahwa inovasi-inovasi tersebut menjadi penanda kesiapan IPNU dalam menjawab tantangan zaman. “Adanya inovasi di bidang media menunjukkan bahwa IPNU bisa menjawab modernisasi,” ungkapnya.


Sebagaimana diketahui, PP IPNU membuat sistem akrediitasi, klasterisasi, dan database berdasarkan hasil Rapimnas dan Konbes pada Oktober 2020 lalu. Hal ini dilakukan guna meningkatkan dan memaksimalkan kerja-kerja organisasi. Dengan begitu, pengurus di pimpinan masing-masing mendapatkan motivasi untuk terus bergerak melakukan kaderisasi dan berbagai macam inovasi program.


Karena inovasi terbaru ini berhasil diwujudkan, laporan pertanggungjawaban PP IPNU diterima oleh seluruh peserta sidang.


Sampai berita ini terbit, Kongres XX IPNU sedang diskors untuk dilanjutkan sidang tata tertib sekaligus pemilihan ketua umum PP IPNU masa khidmah 2022-2025.


Kontributor: Fajar Sodik
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×