Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

IPNU IPPNU NTB Lepas Puluhan Penyu untuk Lindungi dan Lestarikan Biota Laut

IPNU IPPNU NTB Lepas Puluhan Penyu untuk Lindungi dan Lestarikan Biota Laut
IPNU dan IPPNU NTB melepas penyu atau tukik untuk menjaga kelestarian biota laut. (Foto: Istimewa)
IPNU dan IPPNU NTB melepas penyu atau tukik untuk menjaga kelestarian biota laut. (Foto: Istimewa)

Lombok, NU Online

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan pelepasan penyu di Pantai Nipah, Lombok Utara pada Sabtu (3/9/2022).


Ketua PW IPNU NTB Yusril ihza Mahendra menyampaikan bahwa pelepasan penyu atau tukik ini dilakukan dalam rangka melestarikan lingkungan laut. Upaya ini, menurutnya, penting dilakukan sebagai menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga dan melindungi ekosistem laut.


"Sebagai upaya melestarikan dan melindungi biota laut, yang menjadi tanggung jawab semua pihak dan masyarakat. Lebih-lebih pelajar NU NTB," katanya dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Camping Ceria sekaligus Pembubaran Panitia Kick Off Kongres XX IPNU dan XIX IPPNU.  


Sementara itu, Ketua PW IPPNU NTB Baiq Muniah mengatakan bahwa pilihan untuk melepas tukik ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, hewan ini sudah terancam punah. “Karena tukik adalah salah satu binatang laut yang dijaga sebagai binatang konservasi karena hampir punah,” ujarnya.


Lebih lanjut, Baiq menyebut bahwa PW IPNU dan IPPNU NTB melepas 62 tukik pada kesempatan tersebut. Tukik tersebut berasal dari penangkaran Komunitas Konservasi Penyu (TCC) Nipah. Karenanya, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan tersebut, khususnya TCC Nipah yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pembina PW IPNU NTB Akdiyansyah. Ia menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada IPNU IPPNU NTB. Pasalnya, para pelajar NU NTB ini telah menaruh kepedulian yang langsung ditunjukkan dengan aksi nyata sehingga manfaatnya terasa untuk laut Indonesia.


"Ini merupakan bentuk pengabdian IPNU IPPNU kepada bangsa dan negara dalam menjaga penyu-penyu, khususnya di wilayah KLU (Kabupaten Lombok Utara) dan Desa Malaka," kata pria yang juga Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (BAMPERDA) DPRD NTB itu.


Kegiatan ini juga dihadiri Iwan Suyadi dari Turtle Conservation Community Nipah (TCC Nipah), panitia dan seluruh pengurus IPNU IPPNU NTB, beserta segenap masyarakat setempat.


Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×