Home Lapsus Warta Fragmen Quran New Keislaman Ramadhan Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Sirah Nabawiyah Seni Budaya Internasional Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jelang Kopdarnas Ke-6, AIS Nusantara Luncurkan Logo dan Sejumlah Agenda

Jelang Kopdarnas Ke-6, AIS Nusantara Luncurkan Logo dan Sejumlah Agenda
Suasana bedah buku tentang Kiai Sahal dan peluncuran logo AIS Nusantara di Kajen, Pati, Jumat (28/10/2022) kemarin. (Foto: Istimewa)
Suasana bedah buku tentang Kiai Sahal dan peluncuran logo AIS Nusantara di Kajen, Pati, Jumat (28/10/2022) kemarin. (Foto: Istimewa)

Pati, NU Online
Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) bakal menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) keenam pada 2-4 Desember 2022 mendatang. Agenda tahunan tersebut rencananya akan dihelat di Pesantren Maslakul Huda Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.


Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, AISNU meluncurkan beberapa kegiatan Kick Off. Dimulai dengan peluncuran logo dan bedah buku Kiai Sahal & Nyai Nafisah yang telah terselenggara di Pesantren Maslakul Huda Kajen, Jumat (28/10/2022) kemarin.


Dengan mengangkat tema DNA Santri Bangkit Kembali, harapannya AISNU dapat menjadi wadah bagi content creator santri untuk terus aktif memproduksi konten-konten keislaman moderat yang sesuai dengan nilai-nilai yang didapatkan dari pesantren.


Ketua Kopdarnas ke-6, Muallif Wijdan Kayis, dalam sambutan peluncuran logo Kopdarnas menjelaskan bahwa saat ini AISNU telah mengalami perjalanan tiga titik balik.


“Dari yang mulanya eksklusif hanya untuk mewadahi Admin Instagram Santri (AIS), hingga kemudian mengevaluasi diri dengan memperluas jangkauan menjadi Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) untuk menjangkau komunitas santri lain. Akhirnya, Desember 2021 kami mengubah visi kembali dengan upaya melakukan pengembangan kapasitas santri di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi,” kata Kayis.


Kegiatan lain dari Kick Off Kopdarnas ke-6 AISNU meliputi, pertama, Madrasah Literasi Digital. Kegitan yang diadakan di delapan titik pesantren dan madrasah di Kajen meliputi Perguruan Islam Mathali'ul Falah, Madrasah Salafiyah, SMK Cordova, Perguruan Islam Al-Hikmah, Madrasah I'anatut Thalibin, PP Mamba'ul Ulum, dan PP Mathali'ul Huda Al-Kautsar. Adapun kegiatan ini akan dijadwalkan setelah peluncuran logo hingga menjelang Kopdarnas.


Kedua, Pelatihan Media Sosial. Kegiatan ini terkait materi-materi fotografi, videografi, dan desain hingga algoritma di berbagai platform, yang akan dilaksanakan di Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati pada Jumat, 2 Desember 2022 mendatang.


Ketiga, Grand Opening Kopdarnas ke-6 dan Lailatul Kopdar, di gedung Ma'had Aly Pesantren Maslakul Huda, Kajen pada Sabtu, 3 Desember 2022. Keempat, Talk Show dan Evaluasi Nasional AISNU pada Ahad, 4 Desember 2022.


Kegiatan Kopdarnas ke-6 AISNU rencananya menghadirkan beberapa narasumber dan tokoh nasional. Antara lain Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Founder Narasi Najwa Shihab, dan para influencer Nahdliyin seperti Romzi Ahmad, Ahmad Kafa, Sheila Hasheena, Rifqil Moeslim, Imaz Fatimatuzzahra, dan lainnya.


Tuan rumah dari Kopdarnas ke-6 AISNU adalah Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati. Sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh KH Mahfudh Salam (Ayahanda KH Sahal Mahfudh) pada tahun 1910. Saat ini, lembaga tersebut diasuh secara langsung oleh KH Abdul Ghaffar Rozin.


Kontributor: Nuri Farikhatin
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×