Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jelang Rakernas 2022, LP Ma’arif NU Rilis Logo, Berikut Filosofinya

Jelang Rakernas 2022, LP Ma’arif NU Rilis Logo, Berikut Filosofinya
Logo Rakernas LP Ma'arif NU. (Foto: Dok. LP Ma'arif NU)
Logo Rakernas LP Ma'arif NU. (Foto: Dok. LP Ma'arif NU)

Jakarta, NU Online 
Jelang pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU PBNU merilis logo resmi Rakernas. Rakernas LP Ma’arif NU PBNU akan digelar pada Jumat-Senin tanggal 26-29 Agustus 2022 di Universitas Islam Malang, Jawa Timur.


Ketua LP Ma’arif NU PBNU Prof HM Ali Ramdhani mengatakan Rakernas dilaksanakan dalam rangka menjawab berbagai persoalan yang berkembang saat ini, sekaligus untuk mengantisipasi tantangan pendidikan ke depan.


“Sehingga menjadi langkah positif untuk terus bergerak maju dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi LP Ma’arif NU PBNU,” tutur Prof Dhani di Jakarta, Jumat (19/8/2022).


Prof Dhani menjelaskan, logo Rakernas LP Ma’arif NU PBNU tahun ini mencakup komponen utama dari logo ini merupakan bentuk Simplicity dari Tugu Kota Malang yang menjadi icon sekaligus landmark Kota Malang sebagai lokasi Rakernas tahun ini.


“Logo ini merupakan bentuk ‘Simplicity’ dari Tugu Kota Malang sekaligus icon landmark Kota Malang sebagai tuan rumah Rakernas,” ujar pria kelahiran Garut, 6 November 1971, ini. 


Prof Dhani, sapaan akrabnya, menerangkan bahwa terdapat tiga warna utama dari logo ini yaitu warna Biru, Hijau, dan Kuning. Warna biru melambangkan langit yang memberikan nuansa kenyamanan, keamanan, dan kedamaian.


Warna hijau, lanjut dia, melambangkan bumi yang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan. Warna kuning melambangkan matahari yang bersatu dalam bentuk utuh.


“Semua warna terpadu dan menggambarkan pelayanan yang diberikan oleh LP Ma’arif NU dalam menjalankan perannya dalam dunia pendidikan di Indonesia,” terang Dhani.


“Sehingga mampu menyongsong dan menjadikan LP Ma’arif NU sebagai lembaga pendidikan berkancah internasional,” sambungnya.


Di akhir penyampaiannya, ia menyampaikan akan ada beberapa sidang pada Rakernas tersebut. Komisi A membahas mengenai Tata Kelola Kelembagaan dan Penyelenggaraan Pendidikan LP Ma’arif NU.


“Komisi B membahas mengenai Peta Jalan Pendidikan LP Ma’arif NU dan Program Kerja LP Ma’arif NU. Komisi C membahas Transformasi Digital LP Ma’arif NU dan Penyusunan Rekomendasi Hasil Rakernas. Sementara, Komisi D membahas Sako Pramuka LP Ma’arif NU,” paparnya.


Filosofi logo
Warna biru melambangkan langit yang memberikan nuansa kenyamanan, keamanan, dan kedamaian yang diberikan oleh LP Ma’arif NU kepada peserta didik agar dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter dan kepribadiannya masing-masing.


Warna hijau melambangkan Bumi yang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan. Mengisyaratkan sebuah harapan bahwa LP Ma’arif NU akan menjadi pusat pertumbuhan sekaligus transformasi lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama.


Warna kuning melambangkan matahari yang bersatu dalam bentuk utuh. Semangat persatuan dalam matahari memberi makna kuat betapa pentingnya solidaritas dan persatuan serta optimisme yang menjadi kekuatan sejatinya sebuah jam’iyah.


Sementara komponen gunungan didominasi oleh garis melengkung, dan terdiri dari dua objek yang beririsan di tengah, melambangkan sinergi antara LP Ma’arif NU dan stakeholder lainnya dalam bergerak berdampingan, bergotong royong secara fleksibel melaksanakan kebijakan kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama.


Adapun komponen mata panah merupakan bentuk mata panah yang mengarah ke atas melambangkan LP Ma’arif NU yang senantiasa melakukan akselerasi dan transformasi pendidikan dengan progresif membangun mercusuar peradaban.


Tema Rakernas
Rakernas LP Ma’arif NU PBNU tahun 2022 mengangkat tema “Membangun Pendidikan  Unggul untuk Peradaban Dunia yang Berkelanjutan”. Tema ini diangkat dalam rangka mempersiapkan SDM unggul dan bertalenta global semakin penting dalam rangka menyambut Visi Indonesia 2045, yakni menjadi bangsa yang berdaulat, maju, adil, dan makmur.


Pencapaian Visi Indonesia 2045 ini dibangun dengan 4 pilar berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Salah satunya yakni Pembangunan sumber daya manusia (SDM) serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Visi, misi, dan orientasi pendidikan tersebut juga harus sejalan dengan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah al-Nahdliyyah yang selama ini dipegang teguh oleh Jam'iyyah Nahdlatul Ulama.


Untuk itu, LP Ma’arif NU perlu membangun platform pendidikan unggul berwawasan lokal dan global yang berbasis pada nilai-nilai Islam dan Pancasila untuk mewujudkan peradaban dunia yang berkelanjutan.


Upaya membangun platform pendidikan unggul ini sejalan dengan tema Satu Abad NU yang telah ditetapkan oleh PBNU, yakni “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.”


Logo resmi Rakernas LP Ma’arif NU PBNU dapat diunduh pada tautan berikut ini: Logo Rakernas LP Ma’arif NU PBNU.


Dalam rangka ikut serta mensukseskan kegiatan Rakernas LP Ma’arif NU PBNU, silahkan ramaikan Rakernas  LP Ma’arif NU PBNU dengan memasang Twibbon yang dapat diakses melalui laman berikut: https://twb.nz/rakernaslpmaarifnu22.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×