Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Joko Widodo Serahkan Presidensi KTT G20 ke India

Joko Widodo Serahkan Presidensi KTT G20 ke India
Presiden Jokowi menyerahkan palu kepemimpinan presidensi KTT G20 kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi, Rabu (16/11/2022). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi menyerahkan palu kepemimpinan presidensi KTT G20 kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi, Rabu (16/11/2022). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, NU Online 
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menutup secara resmi Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty atau KTT G20 di Bali, pada Rabu (16/11/2022). Penutupan tersebut ditandai dengan ketukan palu oleh Jokowi. 


“Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup,” kata Jokowi, diikuti dengan ketukan palu sebanyak lima kali. 


Jokowi kemudian menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 tahun 2023. 


“Menandai akhirnya presidensi di G20, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan kepada India, selaku presidensi G20 berikutnya,” tutur Jokowi. 


“Dan palu kepemimpinan saya serahkan kepada India,” tambahnya. 


Ia mengatakan, amanah untuk menjaga pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan Perdana Menteri India, Narendra Modi. 


Ia meyakini, G20 di bawah kepemimpinan India akan terus bergerak. Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan mendukung kesuksesan presidensi G20 di India. 


“Sebagai sahabat India, dan bagian dari Troika, tahun depan Indonesia siap mendukung kesuksesan presidensi G20 India,” tegas Jokowi. 


Ia juga meminta pemimpin negara-negara G20 lainnya untuk memberikan dukungan penuh kepada India.


Sebagai Presiden G20, Jokowi mengatakan Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi yang baik selama satu tahun kepemimpinan. Ia menyebut, presidensi G20 tahun ini, dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi Covid-19. 


“Berbagai tantangan baru muncul yang bukan hanya menghambat pemulihan, namun juga dapat mengancam dunia terjerumus ke krisis yang lebih dalam,” terangnya.


Dalam sambutan penutupannya, Jokowi turut memberikan penghargaan tertinggi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk menyukseskan gelaran KTT G20 2022 di Indonesia.


“Saya juga ingin menyampaikan setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan, pemikiran dan kontribusinya bagi presidensi G20 Indonesia,” ucap Jokowi. 


Di akhir sambutannya, Jokowi juga mengapresiasi para pimpinan negara G20 yang telah berpartisipasi menghadiri gelaran G20. Seiring dengan rampungnya gelaran tersebut, Jokowi mengucapkan selamat jalan kepada hadirin.


“Selamat jalan kepada seluruh pemimpin negara yang hadir dan delegasi undangan, have a safe trip. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup," pungkas Jokowi. 


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×