Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kaprodi Akuntansi Unusia: SDGs Solusi Kemandirian Masyarakat Desa

Kaprodi Akuntansi Unusia: SDGs Solusi Kemandirian Masyarakat Desa
Kaprodi Akuntansi Unusia, M Aras Prabowo (kiri). (Foto: dok istimewa)
Kaprodi Akuntansi Unusia, M Aras Prabowo (kiri). (Foto: dok istimewa)

Bogor, NU Online

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Kelompok Desa Candali melaksanakan Seminar Manajemen Keuangan Desa dan Pendampingan UMKM: Pengembangan Bisnis Digital di Aula Kantor Desa Candali, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/7/2022).


"Seminar tersebut diadakan guna mengubah mindset masyarakat setempat dan membuka pikiran terkait perkembangan di era digital ini," jelas Tamang, mahasiswa peserta KKN.


Selain itu, seminar juga sebagai tahap awal mahasiswa Unusia dalam berkontribusi di ruang lingkup prioritas pemberantasan kemiskinan dan pengangguran serta memajukan perekonomian Desa Candali.


Muhammad Aras Prabowo, narasumber dan Ketua Program Studi Akuntansi Unusia memaparkan strategi pengembangan desa dengan langkah Sustainable Development Goals (SDGs). Ia menyampaikan tahap awal dan konkret dan cepat menjadi pengusaha muda berbasis digital (e-commerce).


"Konsep Sustainable Development Goals (SDGs), merupakan solusi dalam membangun kemandirian ekonomi desa," jelas Muhammad Aras Prabowo yang juga Dosen Pendamping Lapang (DPL) KKN Desa Candali.


Perangkat Desa dan masyarakat harus memiliki tujuan dan konsep SDGs dengan aksi agar dapat menemukan prioritas program yang dilaksanakan. "Salah satu program strategis adalah UMKM," ujarnya.

​​​​​​​

Sementara itu narasumber lainnya, Syaikhul Umami membagikan pengalamannya mengenai proses dalam merintis bisnis e-commerce.


"Selain mendapat keuntungan, manfaat dari berbisnis digital salah satunya adalah menciptakan lapangan kerja," jelas Syaikhuk Umami.


"Dengan begitu pengangguran dan kemiskinan bisa ditanggulangi di Desa Candali," tambah dari Syaikhul Umami. 


Dijelaskan bahwa fasilitas digital yang sudah dibangun sedemikian rupa oleh negara, adalah peluang bisnis yang harus dimanfaatkan masyarakat desa dengan mentransformasi pola pikir penyesuaian akan adanya kemajuan digitalisasi tersebut.


Dengan seminar ini diharapkan mahasiswa turut berkontribusi dalam pendampingan tindak lanjut untuk kemajuannya UMKM bagi masyarakat di Desa Candali dengan potensi yang dimilikinya.


Turut hadir Ketua-Ketua RW dan RT, perangkat Desa Candali, tokoh masyarakat, dan komunitas UMKM di Desa Candali. 


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×