Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kepada Delegasi Amirul Hajj, Menag: Haji Tahun Ini Jadi 'Benchmark'

Kepada Delegasi Amirul Hajj, Menag: Haji Tahun Ini Jadi 'Benchmark'
Rapat Koordinasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/6/2022) malam. (Foto: Kemenag)
Rapat Koordinasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/6/2022) malam. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa pelaksanaan haji tahun 2022 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19 akan menjadi tolok ukur bagi pelaksanaan ibadah haji di masa-masa yang akan datang. Pemerintah pun terus melakukan evaluasi untuk pelayanan yang lebih baik di masa mendatang.


"Pelaksanaan haji tahun ini, akan menjadi benchmark (tolok ukur), bagi pelaksanaan haji berikutnya," tegas Gus Yaqut, saat Rapat Koordinasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/6/2022) malam.


Oleh karenanya, ia meminta delegasi Amirul Hajj dapat memicu semangat seluruh petugas untuk terus memberikan layanan bagi jamaah haji Indonesia.


"Saya harap, para delegasi Amirul Hajj ini bisa menyuntik semangat seluruh petugas dalam melayani jamaah," pintanya.


Gus Yaqut menyebut bahwa operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M sampai saat ini berjalan lancar dan baik.


Sementara Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi menyampaikan bahwa pelayanan kepada jamaah sampai saat ini dinilai masyarakat cukup baik. Terlebih, penyelenggaraan haji tahun ini perdana setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19.


"Ini layanan maksimal yang bisa kita berikan, dan akan kita terus perbaiki di tahun-tahun berikutnya," kata Zainut Tauhid dikutip dari laman Kemenag.


"Mari kita bersama-sama, selaku delegasi Amirul Hajj, untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Baik dari sisi ibadah maupun aspek teknis penyelenggaraan,"ajaknya.


Pada tahun 2022 ini pemerintah telah membentuk delegasi Amirul Hajj Indonesia sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. Dibentuknya Amirul Hajj ini bertujuan membantu memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengelola dan menata manajemen penyelenggaraan ibadah haji, utamanya hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj ke Arab Saudi mulai 28 Juni sampai 19 Juli 2022. Berikut ini daftar nama delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M:
1. Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI (Amirul Hajj)
2. Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Menteri Agama RI (Naib Amirul Hajj)
3. Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj)
4. Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj)
5. Ali Hasan Bahar dari UIN Jakarta (Sekretaris)
6. Arif Fachruddin dari MUI (Anggota)
7. Uyun Kamiluddin dari Persatuan Islam (Anggota)
8. Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota)
9. Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota)
10. Nizar dari Kementerian Agama (Anggota)
11. Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota)
12. Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota)
13. Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota)


Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×