Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ketum PBNU dan Mendikbud Bakal Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda VIII Unusia

Ketum PBNU dan Mendikbud Bakal Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda VIII Unusia
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)

Jakarta, NU Online

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta akan menggelar Sidang Terbuka Wisuda VIII di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada Kamis (20/1/2022) esok pagi.


Dalam acara tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf memberikan sambutan dan orasi ilmiah. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim juga akan hadir secara luring untuk menyampaikan orasi ilmiah.


"Iya, insyaallah Mendikbudristek dan Ketum PBNU Gus Yahya akan menyampaikan orasi ilmiah," kata Faiz Maulana, Ketua Panitia Wisuda VIII Unusia Jakarta kepada NU Online pada Rabu (19/1/2022).


Mendikbud Nadiem akan menyampaikan orasi mengenai Kampus Merdeka yang menjadi gagasan besarnya dalam mengembangkan dunia pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Hal ini beriringan dengan Merdeka Belajar untuk pendidikan di tingkatan menengah atas, menengah pertama, hingga pendidikan dasar.


Sebelum keduanya memberikan sambutan, Rektor Unusia Juri Ardiantoro akan memberikan sambutan berupa laporan, setelah Sidang Rapat Senat Terbuka tersebut resmi dibuka.


Adapun prosesi wisuda akan dilaksanakan setelah penyampaian orasi ilmiah dari kedua tokoh di atas. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan terbaik. Lalu, para wisudawan tersebut akan mengikuti pembacaan prasetia sarjana. Berikutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan penyampaian kesan wisudawan.


Sebelum Rapat Senat Terbuka Unusia ini ditutup, kegiatan akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi.

 

Faiz juga menyampaikan bahwa wisuda kali ini bakal diikuti oleh 313 peserta terdiri dari program diploma, program sarjana, dan program magister.


Sebagai informasi, wisudawan tersebut terdiri dari berbagai jurusan, bukan saja dari jurusan keislaman, tetapi juga sosial, hukum, sejarah, hingga teknologi.


Adapun jurusan Hukum Keluarga (Akhwal Asy-Syakhsiyah), Pendidikan Agama Islam, Akuntansi, Perbankan Syariah, Sosiologi, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Anak Usia Dinia (PG AUD), Psikologi, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika, Teknologi Agroindustri, dan program magister Sejarah Peradaban Islam (Konsentrasi Islam Nusantara).


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×