Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Cerpen Daerah Ubudiyah Internasional Seni Budaya Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Obituari Nikah/Keluarga Ramadhan Pustaka Humor

Kiai Said Ajak Dai Kamtibmas Tumbuhkan Religius Nasionalis

Kiai Said Ajak Dai Kamtibmas Tumbuhkan Religius Nasionalis
Pelantikan Dai Kamtibmas Polres Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, Selasa (5/1). (Foto: Istimewa)
Pelantikan Dai Kamtibmas Polres Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, Selasa (5/1). (Foto: Istimewa)

Bekasi, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj memberikan Ceramah Wawasan Kebangsaan sebagai bekal Dai Kamtibmas dalam berdakwah pada saat pelantikan Dai Kamtibmas Polres Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, Selasa (5/1).

 

Kia Said menjelaskan mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan bagaimana cara berdakwah ulama terdahulu dalam menyebarkan agama Islam. Para ulama terdahulu, kata Kiai Said, berhasil mengislamkan Nusantara tanpa ada perperangan dan pertumpahan darah.

 

"Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari, pendiri NU, menanamkan bahwa hubbul wathon minal iman, Cinta Tanah Air adalah sebagian dari Iman. Cinta tanah air melambangkan sifat dari Nasionalisme," ujarnya.

 

Karena itu, seorang dai yang religius harus memiliki Nasionalisme. Agama tanpa Nasionalisme akan menjadi ekstrem dan Nasionalisme tanpa Agama akan menjadi kering.

 

Kiai Said mencontohkan Ulama di Timur Tengah hanya sebatas menanamkan agama tidak menanamkan nasionalisme. Maka, ketika ada konflik di negaranya mudah terjadi peperangan antar saudara dan menyebabkan negaranya hancur lebur.

 

Ceramah Wawasan Kebangsaan dilakukan juga secara virtual dan live streaming melalui YouTube. Selesai Ceramah Wawasan Kebangsaan dilanjutkan Pelantikan Dai Kamtibmas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr H M Fadli Imran dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

 

Dai Kamtibmas Polres Metro Bekasi Kota berjumlah 31 orang. Namun, mengingat dalam kondisi pandemi. yang dilantik secara simbolis tiga orang yaitu Ustadz Abi Jajang, SH (Penasihat), KH Abdul Wahab R, S. Ag (Ketua Umum) Ustadz M Nurul Syaifudin, S. Kom (Sekretaris Jenderal).

 

Dai Kamtibmas yang dilantik dari berbagai kalangan seperti NU, Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia dan juga pimpinan beberapa pondok pesantren.

 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Polres Metro Bekasi Kota. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko S.IK, M.SI dan Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Alfian Nurrizal ,S.IK, M.Si yang mengundang secara langsung Ketua Umum PBNU untuk memberikan ceramah Wawasan Kebangsaan.

 

"Saya sengaja mengundang Ketua Umum PBNU dengan harapan Dai Kamtibmas mendapatkan wawasan kebangsaan sebagai tambahan bekal dan menaikkan semangat dalam berdakwah khususnya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat," ungkapnya.

 

Acara jni dilaksanakan di Aula Mapolres Metro Bekasi Kota Jalan Pramuka, Kel.Marga jaya, Kec. Bekasi Selatan Kota Bekasi dimulai pukul10.00 WIB.

 

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×