Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kitab Wakil Rais Aam PBNU Bakal Dikaji di Masjid Al-Azhar Mesir

Kitab Wakil Rais Aam PBNU Bakal Dikaji di Masjid Al-Azhar Mesir
Wakil Rais Aam PBNU KH Afifuddin Muhajir dan ulama Al-Azhar Mesir Syekh Abdul Aziz al-Syahawi. (Foto: Dok. @sanadmedia)
Wakil Rais Aam PBNU KH Afifuddin Muhajir dan ulama Al-Azhar Mesir Syekh Abdul Aziz al-Syahawi. (Foto: Dok. @sanadmedia)

Jakarta, NU Online
Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Afifuddin Muhajir bertemu dengan ulama Al-Azhar Mesir Syekh Abdul Aziz al-Syahawi, seorang pakar fiqih dari Al-Azhar, Kairo Mesir, pada Senin (18/7/2022) pagi di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pesantren Unggulan Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.


Dalam pertemuan tersebut, Kiai Afif menghadiahkan untuk Syekh Abdul Aziz kitab karangannya, yaitu Fath al-Mujib al-Qarib yang merupakan syarah atas matan Taqrib dalam bidang kajian ilmu fiqih madzhab Syafi'i. Saat menerima kitab tersebut, Syekh al-Syahawi mengatakan bakal membacakan kitab tersebut di majelisnya di Al-Azhar.


“Yang membahagiakan, Syaikh Abdul Aziz mengatakan akan membalah dan membacakan kitab karya Kiai Afif tersebut di majelis keilmuannya di Al-Azhar Mesir, setelah nanti beliau kembali ke negaranya,” tulis Ahmad Ginanjar Sya’ban, alumnus Universitas Al-Azhar Mesir yang mendampingi safari dakwah Syekh al-Syahawi.


Selain kitab tersebut, Kiai Afif juga menghadiahi kitab Jumhuriyyah Indunisiya al-Muttahidah fi Mizan al-Syari'ah (Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Timbangan Syariah). Kitab ini, tulis Ginanjar, berisi kajian penting terkait fikih tata negara dan politik kebangsaan.


“Di sana Kiai Afif memberikan argumen keagamaan yang menegaskan jika Islam dan nasionalisme-kebangsaan adalah dua hal yang tidak untuk dipertentangkan. NKRI sudah sesuai dengan nilai-nilai syariat Islam,” jelas Dosen Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (FIN Unusia) itu.


Sementara itu, Syekh Abdul Aziz menghadiahkan untuk Kiai Afif kitab Bughyah al-Tsawi yang memuat biografi intelektualnya, dan kitab Majmu' al-Ta'lifat yang merupakan bunga rampai karangannya.


Syekh Abdul Aziz al-Syahawi juga banyak mengungkapkan doa dan madah puji untuk KH Afifuddin Muhajir. Syekh Abdul Aziz menyebut KH Afif sebagai sosok kiai bertuah dan mberkahi (rajulun mubarak).


Selain dari itu, Syaikh Abdul Aziz juga mengatakan Kiai Afif sebagai rujukan penting dalam keilmuan, khususnya ilmu fiqih. Ia berpesan kepada para santri Indonesia agar senantiasa berlaku baik terhadap Kiai Afif, memuliakannya, dan mengikutinya dalam berbagai hal, baik ucapannya, kebiasannya, maupun lakunya.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×