Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Kongres XX PMII Momentum Lompatan Organisasi untuk Peradaban Baru Indonesia

Kongres XX PMII Momentum Lompatan Organisasi untuk Peradaban Baru Indonesia
Ketua Umum Pengurus Besar PMII Agus M Herlambang menegaskan bahwa kongres bukan sekadar pergantian kepemimpinan dan ajang konsolidasi. (Foto: dok NU Online)
Ketua Umum Pengurus Besar PMII Agus M Herlambang menegaskan bahwa kongres bukan sekadar pergantian kepemimpinan dan ajang konsolidasi. (Foto: dok NU Online)

Jakarta, NU Online

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyelenggarakan Kongres XX di Balikpapan, Kalimantan Timur dan enam lokasi lainnya pada Rabu (17/3). 

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Besar PMII Agus M Herlambang menegaskan bahwa kongres bukan sekadar pergantian kepemimpinan dan ajang konsolidasi. Lebih dari itu, kongres kali ini ia harapkan menjadi momentum lompatan organisasi.

 

"Di momentum Kongres kali ini, kami ingin berikrar bahwa PMII telah melakukan lompatan organisasi menjadi organisasi maju untuk peradaban Indonesia yang baru," ujarnya.

 

Ia juga berharap kongres bukan sekadar ajang regenerasi saja, melainkan juga mampu berkontribusi untuk negeri. "Lebih dari itu, yakin bahwa PMII mampu memberikan sumbangsih dan kontribusi luar biasa kepada Ibu Pertiwi," harap Agus.

 

Karenanya, ia menegaskan bahwa anggota dan kader PMII haram berdiam diri di tengah pandemi Covid-19 yang telah mematikan sendi-sendi kehidupan. "Sebagai insan pergerakan haram hukumnya berdiam diri," katanya.

 

Sebab, terang Agus, insan pergerakan ditakdirkan untuk menemukan solusi atas persoalan-persoalan kebangsaan, ditantang melakukan inovasi dalam upaya beradaptasi dengan teknologi, dan mampu terus berbakti kepada Ibu Pertiwi.

 

Lompatan PMII di kepemimpinannya adalah kehadiran organisasi yang berdiri pada 17 April 1960 ini tidak hanya dirasakan di dalam negeri saja, tetapi juga sudab merambah ke mancanegara.

 

Agus menegaskan bahwa saat ini sudah terbentuk Pengurus Cabang Internasional (PCI) PMII di Maroko, Jerman, dan Taiwan.

 

Kongres XX PMII ini dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang hadir secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×