Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, Menag: Jangan Segan Bertanya ke Petugas

Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, Menag: Jangan Segan Bertanya ke Petugas
Menag Gus Yaqut melepas kloter pertama jamaah haji asal Indonesia 2022.
Menag Gus Yaqut melepas kloter pertama jamaah haji asal Indonesia 2022.

Jakarta, NU Online

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas kloter pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (4/6/2022). Mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menag berpesan di hadapan 393 jamaah haji asal DKI Jakarta untuk tidak segan menghubungi petugas haji.


Ia menyampaikan agar para dhuyufur rahman (Gus Yaqut menyebut jamaah haji asal Indonesia sebagai tamu Allah) tidak segan-segan untuk bertanya kepada petugas bila mengalami kendala selama pelaksanaan ibadah haji.


"Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak dan Ibu sekalian," kata Gus Yaqut.


Petugas yang disiapkan, lanjut Menag, meliputi pendamping kloter dan petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, setiap kloter disertai empat orang petugas yang terdiri atas satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia ( TPIHI), serta dua orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).


"Semua ini disiapkan untuk membantu para jamaah dalam pelaksanaan ibadah agar lancar. Mari bersama-sama berdoa agar ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT. Sepulangnya kita dari ibadah haji ini dapat menjadi haji dan hajjah mabrur mabrurah," kata Gus Yaqut.


Pada awal pelepasan, Menag Yaqut mengajak para jamaah haji untuk kembali menata niat. "Ditata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun Islam kelima, menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke Tanah Suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," kata Gus Yaqut.


Ia juga meminta jamaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan di tengah cuaca panas di Saudi. "Saya berharap Bapak dan Ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," imbuhnya.


Gus Yaqut juga mengimbau jamaah haji untuk membatasi kegiatan di luar ibadah. "Hanya lakukan kegiatan ibadah. Kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak dan Ibu sekalian agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," tegas Gus Yaqut. 


Turut mendampingi Menag dalam pelepasan jamaah haji Indonesia, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latif, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo, Abdul Rochman, dan Abdul Qodir.


Adapun fase pemberangkatan jamaah haji Indonesia 1443 H/2022 M dimulai hari ini. Hal ini ditandai dengan pemberangkatan 2.776 jamaah yang tergabung dalam 7 kloter dari 5 embarkasi.


Berikut ini data keberangkatan 2.776 jamaah haji Indonesia pada 4 Juni 2022:

1. Embarkasi Solo: SOC 01_360 jamaah_Terbang 00.30 WIB_Tiba 09.25 WAS


2. Embarkasi Jakarta-Pondok Gede: JKG 01_393 jamaah_Terbang 06.05 WIB_Tiba 11.30 WAS


3. Embarkasi Jakarta-Bekasi: JKS 01_410 jamaah_Terbang 07.25 WIB_Tiba 12.45 WAS


4. Embarkasi Solo: SOC 02_360 jamaah_Terbang 05.35 WIB_Tiba 14.30 WAS


5. Embarkasi Jakarta-Bekasi: JKS 02_410 jamaah_Terbang 08.40 WIB_Tiba 14.00 WAS


6. Embarkasi Surabaya: SUB 01_450 jamaah_Terbang 08.30 WIB_Tiba 15.55 WAS


7. Embarkasi Padang: PDG 01_393 jamaah_Terbang 13.50 WIB_Tiba 18.10 WAS


Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×