Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bismillah, 2.776 Jamaah Haji Mulai Diterbangkan ke Arab Saudi Hari Ini

Bismillah, 2.776 Jamaah Haji Mulai Diterbangkan ke Arab Saudi Hari Ini
Jamaah haji Indonesia kloter pertama mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada Sabtu (4/0/2022) dini hari. (Foto: Kemenag)
Jamaah haji Indonesia kloter pertama mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada Sabtu (4/0/2022) dini hari. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Jamaah haji Indonesia kloter pertama mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada Sabtu (4/6/2022) dini hari. Keberangkatan kloter pertama ini juga sekaligus menandai dimulainya Masa Operasional Haji Indonesia 1443H/2022M.


Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief mengatakan, ada total sebanyak 2.776 jamaah akan berangkat di kloter pertama yang diberangkatkan dari lima embarkasi. Ke lima embarkasi tersebut adalah adalah Embarkasi Solo (SOC) dua kloter, Jakarta - Pondok Gede (JKG) satu kloter, Jakarta - Bekasi (JKS) dua kloter, Surabaya (SUB) satu kloter, dan Padang (PDG) satu kloter.


Adapun rinciannya adalah Embarkasi Solo (SOC) dua kloter terdiri dari SOC 01 sebanyak 360 jamaah dan SOC 02 sebanyak 360 jamaah. Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG) satu kloter yakni JKG 01 sebanyak 393 jamaah. Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS) dua kloter yakni JKS 01 sebanyak 410 jamaah dan JKS 02 sebanyak 410 jamaah. Embarkasi Surabaya (SUB) satu kloter yakni SUB 01 sebanyak 450 jamaah, danEmbarkasi Padang (PDG) satu kloter yakni PDG 01 sebanyak 393 jamaah.


"Bapak dan Ibu jaga disiplin protokol kesehatan serta mematuhi peraturan di Arab Saudi. Ingat slogan kita Mabrur, Sehat, Barakah," pesan Hilman saat melepas keberangkatan kloter pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.


Hilman menjelaskan jamaah kloter pertama yang akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.45 WIB, menggunakan maskapai Garuda Indonesia . Mereka diperkirakan tiba di  Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada 12.10 Waktu Arab Saudi (WAS).


Sebanyak 10 bis DAMRI disiapkan untuk mengangkut rombongan yang terdiri dari 389 jamaah haji dan empat orang petugas dari Asrama Haji Pondok Gede menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Pemberangkatan dimulai sejak pukul 03.15 WIB.


"Terima kasih kepada Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Kementerian Kesehatan dan semua mitra kerja yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini," sambungnya dikutip dari laman Kemenag.


Pemberangkatan Jamaah haji akan dilaksanakan selama 30 hari masa operasi penerbangan. Kloter pertama akan menuju Bandara Madinah sementara kloter terakhir yang berangkat 3 Juli 2022 akan menuju Bandara Jeddah.


Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 100.051. Jumlah ini terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. Jamaah haji reguler terbagi dalam 241 kloter dan akan diberangkatkan dalam 236 penerbangan, dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.


Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa Kementerian Agama dan PT Garuda Indonesia sepakat memberangkatkan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi. Ke sembilan embarkasi tersebut yakni Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.


Sementara untuk pemulangan Jamaah haji juga berlangsung selama 30 hari. Kloter pertama pulang dari Bandara Jeddah menuju Tanah Air pada 15 Juli 2022. Kloter terakhir pulang dari Bandara Madinah menuju Tanah Air pada 13 Agustus 2022.


Untuk lebih detail, data tersebut bisa diunduh di tautan ini: Unduh Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Indonesia Tahun 1443 H/2022 M.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×