Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lewat Buku Ini, Segala Sesuatu tentang Pesantren Tambak Beras Diungkap

Lewat Buku Ini, Segala Sesuatu tentang Pesantren Tambak Beras Diungkap
Tangerang Selatan, NU Online
Penulis buku Tambak Beras: Menelisik Sejarah, Memetik Uswah Abdul Jabbar Hubby mengatakan, ada banyak hal yang dibahas dalam buku tersebut. Pertama, asal usul Pesantren Tambak Beras atau Bahrul Ulum. Buku ini menceritakan tentang perjuangan para pendiri dalam membangun Pesantren Tambak Beras atau Bahrul Ulum. 

“Kapan Tambak Beras dimulai, dibabat,” kata Jabbar dalam acara bedah buku di Universitas Islam Negeri Jakarta, Selasa (19/12).

Kedua, peran kiai –terutama sesepuh Pesantren Tambak Beras- dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kiai dan pesantren memiliki peran yang signifikan dalam melawan penjajah, termasuk para kiai dan sesepuh Tambak Beras. 

“(Buku ini juga membahas) Peran-peran kiai (Tambak Beras) di dunia internasional,” ucapnya.

Selain itu, imbuh Jabbar, buku ini juga menceritakan tentang kelebihan para kiai terutama dalam sisi mistis dan kearifannya dalam merespon setiap persoalan umat. Misalnya para kiai tersebut menyebarkan Islam dengan menggunakan semangat tasawuf sehingga pendekatannya tidak kaku dan hitam putih. 

“Ruh-ruh seperti ini juga ada dalam buku ini,” terangnya.

Tim penulis buku lainnya Ning Nida’us Sa’adah mengungkapkan, latar belakang penulisan buku ini adalah doa restu daripada sesepuh Pesantren Tambak Beras. Dengan buku ini, kiprah dan peran Pesantren Tambak Beras bisa dibaca siapa saja, bukan hanya alumninya saja. 

“Dengan buku ini juga ingin mengembalikan kembali ruh pesantren,” imbuhnya.

Ada dua orang pembedah yang dihadirkan dalam acara ini, yaitu Zastrou Al-Ngatawi (Budayawan) dan KH Maman Imanul Haq (Anggota DPR RI Komisi VIII / Ketua LD PBNU). (Muchlishon Rochmat)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×