Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

LPBINU Ingatkan Tugas Manusia di Muka Bumi

LPBINU Ingatkan Tugas Manusia di Muka Bumi
Ketua LPBINU M Ali Yusuf menjelaskan bahwa melindungi dan memakmurkan bumi adalah perwujudan dari pelaksanaan tugas dan fungsi utama manusia sebagai khalifah atau perwakilan Allah di muka bumi. (Foto: istimewa)
Ketua LPBINU M Ali Yusuf menjelaskan bahwa melindungi dan memakmurkan bumi adalah perwujudan dari pelaksanaan tugas dan fungsi utama manusia sebagai khalifah atau perwakilan Allah di muka bumi. (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online
Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) M Ali Yusuf menjelaskan bahwa wujud dari tugas dan fungsi utama manusia sebagai khalifah di muka bumi, yaitu melindungi dan memakmurkan bumi, atau lingkungan hidup.

 

"Melindungi dan memakmurkan bumi adalah perwujudan dari pelaksanaan tugas dan fungsi utama manusia sebagai khalifah atau perwakilan Allah di muka bumi," tutur Ali di Jakarta, Sabtu (5/6).

 

Menurut pria yang akrab disapa Mas Ali itu mengatakan, melindungi bumi atau melestarikan lingkungan hidup bahkan diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejak tahun 1972 setiap tanggal 5 Juni hingga saat ini.

 

"Hari Lingkungan Hidup diperingati sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh umat manusia agar dapat mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi," ungkap Mas Ali.

 

Tema Hari Lingkungan Hidup tahun 2021, hari ini adalah Restorasi Ekosistem yang berarti manusia harus berupaya mengembalikan ekosistem kepada kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam. 

 

Dengan demikian, melakukan restorasi ekosistem dan setiap kegiatan untuk melindungi, memelihara dan memakmurkan bumi, menurut Mas Ali akan bernilai ibadah karena melaksanakan ajaran agama, perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW.


"Ada banyak aktivitas yang dapat dilaksanakan oleh setiap orang dan setiap pihak dalam upaya restorasi ekosistem seperti menanam pohon, menanam mangrove, konservasi air, konservasi energi, dan pengelolaan sampah-limbah," ungkapnya.

 

Semua kegiatan tersebut, lanjutnya, telah dikampanyekan dan dilaksanakan sejak lama oleh LPBINU. "Rangkaian kegiatan tersebut telah, sedang dan akan terus dilakukan oleh LPBINU melalui jaring struktur dan kultur organisasi NU bersama seluruh komponen masyarakat sebagai wujud tanggung jawab dalam upaya melindungi dan memakmurkanbumi," paparnya.

 

Ali berharap semakin banyak pihak yang menyadari, bahwa semakin berkurang dan melemahnya daya dukung lingkungan dan berkomitmen untuk melakukan upaya restorasinya, maka akan menimbulkan dampak negatif yang merugikan dan mengancam kehidupan manusia dan keberlangsungan kehidupan di muka bumi ini.

 

Kontributor: Anty Husnawati
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×