Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maksimalkan Peran, NU Peduli Dirikan 16 Posko Berbasis Kecamatan

Maksimalkan Peran, NU Peduli Dirikan 16 Posko Berbasis Kecamatan
Penyerahan tenda peleton di Posko NU Peduli MWCNU Gekbrong, Kamis (1/12/2022). (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)
Penyerahan tenda peleton di Posko NU Peduli MWCNU Gekbrong, Kamis (1/12/2022). (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)

Cianjur, NU Online 
Posko Induk NU Peduli Cianjur mendirikan posko-posko penanganan dampak gempa bumi di 16 titik berbasis kecamatan. Hal ini sebagai langkah untuk memaksimalkan peran NU Peduli bagi warga Cianjur yang masih mengalami kesulitan akibat gempa bumi yang melanda pada Senin 21 November 2022.


Untuk mendirikan 16 titik posko tersebut, kata Ketua Posko Induk NU Peduli Cianjur, Jamiludin, NU Peduli bekerja sama dengan Majelis Wakil Cabag Nahdlatul Ulama (MWCNU). Sebelumnya, NU Peduli melakukan pengecekan (top down) ke 16 titik tersebut.


Adapun 16 titik atau 16 MWCNU tersebut adalah Kecamatan Cugenang, Cilaku, Warungkondang, Gekbrong, Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Karangtengah, Cianjur, Mande, Cibeber, Sukaluyu, Bojongpicung, Cikalong Kulon, Haurwangi, dan Ciranjang.


"Kami bersama Ketua PCNU Cianjur berkeliling mengunjungi dan melakukan kroscek ke posko-posko NU peduli di MWC kecamatan, guna memastikan ketersediaan logistik yang akan disalurkan ke tenda-tenda masyarakat," kata Jamiludin saat kunjungan sekaligus penyerahan tenda peleton ke MWCNU Gekbrong, Kamis (1/12/2022). 


Menurutnya, 16 posko tersebut menjadi ujung tombak Posko Induk yang ada di Kabupaten Cianjur dalam hal koordinasi, komunikasi, pendataan, dan distribusi logistik.


Dengan hadirnya 16 pokso tersebut diharapkan NU Peduli di setiap kecamatan dapat berfungsi lebih maksimal dalam menjembatani antara masyarakat dengan posko induk di kantor PCNU Cianjur.


Ia optimistis, adanya posko-posko tersebut NU Peduli akan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran dalam melayani warga terdampak gempa Cianjur.


Jamiludin mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam penanganan dampak gempa bumi Cianjur. "Mari sama-sama terus berikhtiar agar Cianjur bisa kembali normal seperti sedia kala dalam melakukan segala aktivitas," ungkapnya. 


Ketua PCNU Cianjur, Kiai Deden Usman yang mengapresiasi tim NU Peduli Kemanusiaan, karena telah bisa gerak cepat untuk membentuk posko-posko dan ke depan ini akan terus berfungsi. Menurutnya, dampak bencana gempa bumi di Cianjur memerlukan penanganan serius dan bersifat angka panjang.


"Kita berharap banyak posko-posko di MWCNU ini menjadi tulang punggung dan satu kesatuan yang bisa lebih memaksimalkan peran kemanusiaan dari PCNU," tutupnya menegaskan.


Hadirnya 16 posko ini melengkapi posko yang ada sebelumnya. Di posko-posko tersebut, NU Peduli menyalurkan makanan siap santap, logistik, layanan kesehatan.


Pewarta: Kend Setiawan
Editor: Syamsul Arifin 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×