Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Malam Mingguan Galau? 5 Menu Ini Bantu Suasana Hati Lebih Bahagia

Malam Mingguan Galau? 5 Menu Ini Bantu Suasana Hati Lebih Bahagia
Ilustrasi menu cemilan malmingan.
Ilustrasi menu cemilan malmingan.

Jakarta, NU Online
Bagi seorang jomblo, malam Minggu seringkali terasa menyedihkan dan membuat hati galau. Bukan hal aneh jika di saat itu kamu merasa kesepian. Namun, perlu disadari bahwa yang sebetulnya kamu butuhkan tidak melulu harus orang. Bisa jadi kamu butuh makan.


Melansir laman Health, berikut menu makanan atau minuman yang dapat meningkatkan mood booster:


1. Bayam 
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang. Sayuran ini kaya vitamin B sehingga berperan dalam memproduksi zat kimia otak yang mempengaruhi mood dan fungsi otak lainnya.


Sebuah studi dari University of Otago di Selandia Baru menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik ketika mereka lebih banyak memakan buah dan sayuran.


2. Kopi
Kopi merupakan bahan dasar minuman atau makanan yang cukup populer karena dipercaya dapat meningkatkan mood. Saking populernya kopi kerap dikaitkan dengan orang yang mencari mood yang baik atau yang sering disebut ‘anak senja’.


Istilah anak senja semakin populer khususnya di Indonesia yang diartikan sebagai orang yang menyukai ketenangan di sore hari sambil meminum kopi dan bersantai untuk meningkatkan mood.


3. Jeruk
Sebagai salah satu sumber vitamin C teratas, jeruk dianggap sebagai cara yang bagus untuk bersantai dan menurunkan tingkat stres. Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, yang dapat dilemahkan oleh stres, nutrisi utama dalam jeruk membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol yang dapat mendatangkan kegalauan pada tubuh.


Efek dari tingkat kortisol tinggi yang berkepanjangan dapat mencakup kelelahan, kabut otak, nafsu makan meningkat, dan penambahan berat badan, terutama lemak perut.


4. Pisang
Selain jeruk, buah pisang juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang bisa mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin atau hormon kebahagiaan.


Makanya, tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.


5. Kacang-kacangan
Buat kamu yang sedang galau, stres dan patah hati, redakan perasaan tak nyaman tersebut dengan konsumsi kacang-kacangan.


Para ahli percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam kacang-kacangan bisa mengendalikan mood baik dalam tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang luar biasa mengesankan buat kesehatan fisik maupun psikis.


Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi di saat suasana hati sedang menurun.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×