Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

5 Resep Minuman Khas Nusantara, Patut Dicoba di Akhir Pekan

5 Resep Minuman Khas Nusantara, Patut Dicoba di Akhir Pekan
Ilustrasi wedang bajigur.
Ilustrasi wedang bajigur.

Jakarta, NU Online
Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai keanekaragaman, tak terkecuali dalam hal kuliner. Bahkan, masing-masing daerah memiliki makanan dan minuman yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.


Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai 5 resep minuman khas Nusantara. Resep ini berasal dari Buku 500 Resep Makanan & Minuman Tradisional Paling Nikmat ditulis oleh Julie Sutarjana yang diterbitkan oleh Penerbit Gramedia. Berikut ini adalah resep selengkapnya:

 

1. Es Nangka Selasih

Minuman ini berasal dari Kalimantan Selatan. Untuk bahan-bahannya adalah 300 gram nangka matang, 200 gram gula pasir, 500 ml air, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh kapur sirih, 2 buah jeruk nipis (ambil airnya), 2 sendok makan biji selasih (rendam sampai mengembang), dan es batu secukupnya.


Cara membuatnya, rendam nangka dengan kapur sirih selama 20 menit, lalu tiriskan, dan cuci bersih. Setelah itu nangkanya dipotong kecil-kecil. Berikutnya rebus air bersama gula pasir dan garam hingga larut. Lalu angkat dan saring.


Kemudian, masukkan potongan nangka dan biarkan selama 2 jam hingga meresap. Selanjutnya tuangkan potongan nangka beserta sirup ke dalam gelas saji. Masukkan selasih, dan juga air jeruk nipis. Langkah terakhir tambahkan air matang, dan es batu secukupnya. Hidangkan selagi dingin.


2. Es Palu Butung
Minuman ini berasal dari Makassar. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 6 buah pisang kepok yang tua (kukus dan potong-potong), 200 gram tepung beras, 2 sendok makan tepung sagu, 2 ½ liter santan dari 1 butir kelapa, 100 gram gula pasir, ½ sendok teh garam, 4 lembar daun pandan. Untuk pelengkap, ada sirup pandan merah secukupnya, dan es serut secukupnya.


Cara membuatnya, campur tepung beras dan tepung sagu menjadi satu. Larutkan dengan sebagian santan hingga tercampur rata. Masak sisa santan dengan gula pasir, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih.


Masukkan larutan tepung, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan mengental. Kemudian masukkan potongan pisang, aduk rata, dan masak hingga matang. Lalu angkat, dinginkan. Masukkan ke dalam mangkuk saji, beri es serut, dan sirup merah. Hidangkan selagi dingin.


3. Wedang Bajigur
Minuman ini berasal dari Jawa Barat. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Wedang Bajigur yaitu 4-5 sendok teh kopi bubuk, 1 liter air, ½ sendok teh kapur sirih, gula merah secukupnya, gula pasir secukupnya, 125 ml santan kental dari ½ butir kelapa, garam  secukupnya, dan kolang kaling secukupnya (iris tipis).


Langkah membuatnya: rebus air dengan kopi bubuk hingga mendidih, masukkan kapur sirih, gula merah, gula pasir, garam, dan masak hingga larut. Lalu angkat, dan saring.


Selanjutnya tuangkan kembali ke dalam panci, tambahkan santan, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan matang, lalu angkat. Kemudian, tuangkan ke dalam gelas saji, beri irisan kolang kaling secukupnya. Hidangkan selagi panas.


4. Wedang Kacang
Minuman ini juga merupakan khas dari Jawa Barat.  Untuk bahan-bahannya yaitu: kacang tanah yang telah dikupas secukupnya, gula pasir secukupnya, jahe bakar yang telah dimemarkan secukupnya.


Cara membuatnya yaitu rebus kacang tanah ke dalam air mendidih hingga empuk selama 3-4 jam, angkat, dan tiriskan. Lalu rebus kembali air secukupnya bersama jahe bakar hingga harum dan air agak menyusut. Kemudian masukkan gula, masak hingga gula larut. Berikutnya masukkan kacang tanah, masak sebentar. Setelah itu angkat, hidangkan selagi hangat.


5. Wedang Cemue
Minuman ini merupakan minuman khas dari Jawa Tengah. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu: 2 jempol jahe (bakar, kupas, memarkan), 2-3 batang serai (ambil bagian putihnya, memarkan), 2-3 lembar daun pandan (simpulkan). Air, gula merah, dan gula pasir secukupnya. Lalu, 125 ml santan kental dari ½ butir kelapa, garam secukupnya, kelapa muda (keruk tipis), roti tawar secukupnya (potong dadu kecil).


Proses membuatnya, rebus air dengan jahe, serai, daun pandan, dan gula merah hingga gula larut dan airnya agak menyusut. Setelah itu angkat, dan saring. Lalu, tambahkan santan, gula pasir, dan garam, masak kembali hingga mendidih dan gula larut, lalu angkat. Kemudian, masukkan kelapa muda, dan roti tawar ke dalam gelas saji. Tuangkan kuah panas, hidangkan selagi panas.


Itulah 5 resep minuman khas Nusantara yang patut dicoba untuk melengkapi kebahagiaan akhir pekan Anda. Selamat berakhir pekan.


Kontributor: Malik Ibnu Zaman
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×