Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

5 Masakan Rumahan yang Cocok Disajikan di Akhir Pekan

5 Masakan Rumahan yang Cocok Disajikan di Akhir Pekan
Ilustrasi: Nasi goreng menjadi salah satu menu yang cocok disajikan untuk keluarga di akhir pekan.
Ilustrasi: Nasi goreng menjadi salah satu menu yang cocok disajikan untuk keluarga di akhir pekan.

Jakarta, NU Online
Akhir pekan menjadi momen yang paling ditunggu-ditunggu oleh banyak orang. Selain waktu untuk istirahat, akhir pekan merupakan waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama dengan keluarga.


Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga di akhir pekan adalah memasak bersama, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Hal tersebut tentu dapat menjalin kembali hubungan hangat bersama anggota keluarga.


Berikut ini lima resep masakan rumahan yang cocok disajikan di akhir pekan bersama keluarga. Resep ini berasal dari buku Resep Masakan Rumahan yang ditulis oleh Nuzulul Rahma, dan diterbitkan oleh Pustaka Taman Ilmu.


Pertama, Lodeh Terong dan Kacang. Bahan-bahannya yaitu: 2 buah terong ungu, 1 ikat kacang panjang, bumbu halus (10 biji bawang merah, 4 biji bawang putih, 3 biji cabai keriting, 5 biji cabai rawit sesuai selera, 1 ruas lengkuas geprek, 1 biji tomat, 4 biji kemiri, santan secukupnya, ketumbar secukupnya), penyedap rasa secukupnya, dan garam secukupnya.


Cara memasaknya, pertama potong ukuran sedang terong dan kacang panjang, rebus tanpa bumbu sesaat. Kemudian haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Lalu tumis bumbu sampai beraroma harum. Selanjutnya tuangkan sedikit air, masukkan terong, dan kacang panjang yang telah direbus, jangan lupa diaduk. Berikutnya beri garam, dan penyedap rasa sesuai selera. Sayur lodeh anti gagal siap disajikan.


Kedua, Sambal Trasi Mak Nyus. Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 25 biji bawang merah, 1 biji bawang putih, ¼ kilo cabai rawit sesuai selera, 7 buah tomat matang, trasi secukupnya, dan garam secukupnya.


Selanjutnya goreng semua bahan sampai matang, haluskan di cobek, dan sambal trasi siap untuk disajikan.


Ketiga, Pepes Bandeng. Siapkan: banden, daun pisang, 15 biji bawang merah, 3 biji bawang putih, 1 biji cabai keriting, 10 biji cabai rawit, 1 ruas kunyit, 7 biji tomat matang, 5 biji kemiri, garam, penyedap rasa, dan daun jeruk.
Kemudian cuci bandeng sampai bersih, lalu haluskan semua bumbu. Selanjutnya bungkus bandeng dengan daun pisang bersama bumbu. Kukus selama kurang lebih 30 menit, dan pepes bandeng siap untuk dinikmati.


Keempat, Asem-Asem Balungan. Bahan-bahannya yaitu: 1 kg Balungan yang telah dipresto selama 30 menit, 1 buah kedondong atau asem, 10 lembar daun kedondong, bumbu halus (1 ruas kunyit, ketumbar secukupnya, 3 biji kemiri), bumbu iris (5  biji bawang merah, 2 biji bawang putih, 10 biji cabai rawit, 1 ruas jahe, 1 batang serai, 3 lembar daun jeruk, 2 biji tomat.


Setelah semua bahan siap, haluskan bumbu halus, kedondong atau asem, 10 lembar daun kedondong. Setelah itu masukkan ke dalam panci bersama air, dan bumbu iris. Setelah mendidih masukkan balungan. Didihkan sekali lagi, dan Asem-Asem Balungan siap dinikmati.


Kelima, Nila Goreng. Bahan yang dibutuhkan: 1 Kg Nila, bumbu halus (1 ruas kunyit, 4 biji bawang putih, ketumbar secukupnya).


Selanjutnya haluskan semua bumbu, rendam ikan yang sudah dicuci selama kurang lebih 30 menit, goreng ikan nila, dan nila goreng siap untuk dinikmati.


Itulah lima resep masakan rumahan yang cocok disajikan di akhir pekan bersama keluarga.


Kontributor: Malik Ibnu Zaman
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×