Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Beres-Beres Rumah di Akhir Pekan Ternyata Menyehatkan 

Beres-Beres Rumah di Akhir Pekan Ternyata Menyehatkan 
Ilustrasi: Kegiatan beres-beres di akhir pekan menjadi cara yang mudah untuk menjaga kesehatan
Ilustrasi: Kegiatan beres-beres di akhir pekan menjadi cara yang mudah untuk menjaga kesehatan

Jakarta, NU Online
Kebanyakan orang menganggap akhir pekan adalah waktu untuk sekadar bersantai dan berkuliner. Mereka juga sering melupakan bagaimana menjaga kesehatan termasuk dalam hal pola makan dan pola istirahat.


Dokter Umum Klinik Kementerian Pertanian RepubIik Indonesia, Yuyun Yuniawati menyampaikan hal itu saat wawancara dengan NU Online, Ahad (7/8/2022).


"Meskipun akhir pekan kita tetap perlu menjaga kesehatan, baik  pola istirahat maupun pola makan, jadi waktu libur jangan jajan makanan sembarangan," ujarnya.


Dokter Yuyun menceritakan aktivitas yang ia lakukan selama hari libur, salah satunya adalah beres-beres rumah. Menurutnya beres-beres rumah justru menjadi aktivitas menyehatkan di saat liburan.


"Kalau hari Sabtu dan Minggu saya olahraga dengan ibu-ibu sekitar, kemudian saya beres-beres rumah. Justru dengen beres-beres rumah ada perasaan puas dan bahagia ketika rumah sudah rapi. Selain itu juga menyehatkan karena kita pasti mengeluarkan keringat ketika beres-beres rumah,seperti mengepel dan mencuci pakaian," ungkap Dokter Yuyun.


Makanan sehat tidak harus mahal
Selain itu ia juga memberikan tips bagaimana pola makan sehat yang harus dikonsumsi setiap hari. Menurutnya tidak harus makanan mahal, yang penting kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi.


"Tidak hanya di waktu weekend, pola makan sehat juga harus dikonsumsi setiap hari. Tidak harus makanan mahal kok yang penting ada karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Menu sederhana di rumah bisa nasi, tahu, tempe, telur, buah dan sayuran," jelasnya.


Selain menjaga kesehatan jasmani, Dokter Yuyun juga memberi tips agar kebutuhan rohani tetap terpenuhi, yaitu dengan refreshing, mengikuti pengajian dan membaca ayat Al-Qur’an.


"Kesehatan itu tidak hanya kesehatan jasmani saja yang dijaga. Kesehatan rohani kita juga perlu dijaga. Kalau saya setiap, weekend mendengarkan ceramah atau pengajian, karena dengar hikmah-hikmah bisa membuat hati tenang. Selain itu membaca Al-Qur'an juga bisa melatih pernapasan dan membuat hati merasa tentram," tutur Dokter Yuyun.


Ia menegaskan, jangan sampai momen akhir pekan membuat seseorang melakukan hal sembrono seperti salah mengatur pola makan.


Kontributor: Siti Maulida
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan


 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×