Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mengenal Lima Manfaat Blewah, Buah Primadona saat Ramadhan

Mengenal Lima Manfaat Blewah, Buah Primadona saat Ramadhan
Mengenal 5 Manfaat Blewah, Buah Primadona saat Ramadhan
Mengenal 5 Manfaat Blewah, Buah Primadona saat Ramadhan

Jakarta, NU Online
Blewah merupakan buah yang kerap dijumpai menjadi isi pelengkap dari es buah. Buah kaya akan kandungan air ini sangat menyegarkan disantap saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, buah berwarna kuning keemasan ini juga kaya akan nutrisi.


Nutrisi yang terkandung dalam buah blewah meliputi vitamin B, folat, vitamin E, vitamin K, zinc, kolin, selenium, dan zat besi. Tak hanya itu, blewah juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan beta karoten.


Melansir Medicinet, buah yang masih satu keluarga dengan melon, labu, dan mentimun ini diketahui memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Berikut 4 manfaat blewah bagi tubuh.


Pertama, meningkatkan fungsi penglihatan. Mengonsumsi blewah setiap hari dapat meningkatkan fungsi penglihatan mata. Vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid yang ada dalam blewah dapat menjaga kesehatan mata sekaligus mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula atau Age-related macular degeneration (AMD).


Degradasi makula ini merupakan kondisi mata kronis yang menyebabkan kehilangan penglihatan pusat karena adanya kerusakan pada makula di bagian tengah retina atau penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan, biasanya di bidang penglihatan pusat.


Kedua, menyeimbangkan cairan tubuh dan elektrolit. Blewah kaya akan air dan elektrolit. Hal ini dapat membantu menjaga kadar cairan dan elektrolit yang cukup dalam tubuh, utamanya setelah seharian berpuasa.


Ketiga, mengatasi dehidrasi. Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ver cantalupensis ini diketahui mengandung 90 persen air. Kandungan air yang tinggi ini dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa Ramadhan.


Keempat, mencegah sembelit. Blewah kaya akan serat. Serat yang tinggi sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus dan kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam blewah dapat membuat tinja menjadi lebih padat dan proses buang air besar menjadi lebih teratur.


Kelima, meningkatkan imunitas tubuh. Blewah mengandung senyawa yang disebut fitonutrien. Fitonutrien ini diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. Vitamin A dalam blewah dapat meningkatkan kekebalan dan produksi sel darah putih.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×