Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mengurai Perbedaan 3 Jenis Program Beasiswa LPDP 2023

Mengurai Perbedaan 3 Jenis Program Beasiswa LPDP 2023
Ilustrasi mahasiswa (Foto: Freepik)
Ilustrasi mahasiswa (Foto: Freepik)

Jakarta, NU Online 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan kembali membuka pendaftaran besiswa pendidikan pascasarjana (magister dan doktor) 2023.


Progam beasiswa LPDP terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dibuka tanggal 25 Januari 2023, sementara tahap kedua dibuka pada 9 Juni 2023. 


Melansir laman resmi LPDP, terdapat tiga program beasiswa yang ditawarkan LPDP yakni, program Beasiswa Umum, program Beasiswa Targeted, dan program Beasiswa Afirmasi.

 

Untuk mengetahui rincian tiap-tiap program beasiswa, berikut informasinya


1. Beasiswa Umum
Program beasiswa ini memiliki tiga kategori beasiswa, yakni Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, dan Beasiswa Parsial. 


Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi warga negara Indonesia untuk melanjutkan jenjang magister dan doktor melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan oleh LPDP. 

 

Selanjutnya, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptence Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia. 


Sementara itu, Beasiswa Parsial sendiri ditujukkan kepada pendaftar dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dengan Individu penererima beasiswa.


2. Beasiswa Program Targeted
​​​​​​​Bebeda dengan program umum, beasiswa ini dibuka dengan katergori beasiswa yang ditujukan kepada pendaftar dari beberapa profesi tertentu seperti PNS, TNI, dan Polri. 


Selanjutnya, program beasiswa ini juga diperuntukkan bagi para pelaku usaha untuk melanjutkan studi magister ke luar negeri.

 

Selain itu, Beasiswa Targeted menyediakan program Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis. 


Beasiswa Targeted ini juga membuka peluang beasiswa kepada calon ulama yang melalaui program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama. 


3. Beasiswa Program Afirmasi 

Beasiswa Afirmasi terbagi menjadi beberapa kategori meliputi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, dan Beasiswa Prasejahtera.


Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.


Adapun kategori pada program ini adalah para pendaftar merupakan penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental, sensorik, dan ganda atau multi. 

 

Selanjutnya, Beasiswa Putra-Putri Papua yang diperuntukkan bagi putra-putri asli Papua dengan ketentuan harus bermarga asli Papua dan ibu/bapak kandung adalah Orang Asli Papua. 


Kemudian, Beasiswa Daerah Afirmasi yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat asal daerah afirmasi. 


Terakhir, program Beasiswa Prasejahtera yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari latar belakang keluarga kurang mampu. 


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×